Menu

Mode Gelap

News · 30 Okt 2022 05:34 WIB

Top! UIN Yogya Raih Rekor MURI Terakreditasi Internasional Prodi Terbanyak

Avatar badge-check

Editor


 Top! UIN Yogya Raih Rekor MURI Terakreditasi Internasional Prodi Terbanyak Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-YOGYAKARTA

UIN Sunan Kalijaga kembali menorehkan prestasi dengan meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas Asesmen Lapangan Akreditasi Internasional FIBAA dengan program studi terbanyak yakni sebanyak 18 prodi dalam waktu serentak, setelah sebelumnya UIN Sunan Kalijaga menjadi Universitas Islam pertama di Indonesia yang melaksanakan asesmen FIBAA.

Penganugrahan Rekor MURI dilaksanakan di Gedung K.H. Saifuddin Zuhri, dan dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, asessor FIBAA, Dekan, serta Civitas Akademika UIN Sunan Kalijaga, dilansir dari laman UIN Suka, Minggu (30/10/2022).

Penyerahan penghargaan rekor MURI diserahkan langsung oleh Executive Manager, Sri Widayanti kepada Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.A. dengan sertifikat dan medali sebagai simbol UIN Sunan Kalijaga sukses melaksanakan assessmen FIBAA dengan 18 prodi secara serentak. Penghargaan ini merupakan penghargaan rekor MURI kedua yang diterima UIN Sunan Kalijaga, setelah sebelumnya Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga mendapat anugrah serupa sebagai perpustakaan berteknologi RFID (Radio Frequency Indentification) pertama di Indonesia pada Desember 2013.

Lembaga Akreditasi Internasional FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) merupakan lembaga atau Badan Akreditasi di Eropa yang diakui di semua negara berbahasa Jerman (Jerman-Swiss-Austria). Lembaga ini berorientasi internasional untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi dan telah diakui oleh Direktorat Jenderal Tinggi Kemendikbud Ristek RI, sesuai dengan Keputusan Mendikbud Ristek RI No. 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.A., mengungkapkan rasa bangga dan mengapresiasi kontribusi jajaran Rektorat, Dekanat, Kaprodi, Sekprodi, Unit-Unit Universitas, Tenaga Pendidik, Mahasiswa, dan Alumni, dan Tenaga Kependidikan di lingkungan UIN Sunan Kalijaga yang telah membantu menyukseskan assesment tersebut.

“2 tahun kami bekerja keras untuk menyukseskan assessment ini, dukungan tidak hanya datang dari internal UIN Sunan Kalijaga saja, melainkan juga dukungan dari pihak luar. Kami sangat mengapresiasi rekor MURI ini dan mari kita rayakan dengan penuh syukur”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sri Widayanti turut bangga atas pencapaian UIN Sunan Kalijaga yang telah memberikan inspirasi karsa dan karya demi mengibarkan kebanggaan nasional.

“Saya berharap, UIN Sunan Kalijaga mampu menjadi contoh bagi universitas lain dalam merefleksikan kebaikan dan semangat terbaik dalam mengembangkan label internasional, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia”, harapnya.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

27 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Jurnal Prisma: Soedjatmoko Pemikir, Intelektual Bangsa yang Kritis

20 Januari 2023 - 14:26 WIB

Selamat! 5 Dosen Ushuluddin UIN Bandung Jadi Guru Besar

16 Januari 2023 - 11:57 WIB

Tahap Awal 4 Kampus, Kemenag Jajaki Kerjasama dengan Universiti Utara Malaysia

14 Januari 2023 - 23:30 WIB

Trending di News