Menu

Mode Gelap

Umum · 29 Des 2022 09:40 WIB

Top! Siti Rahmatillah, Mahasiswa UIN Malang Sabet Juara Lomba Esai Nasional

Avatar badge-check

Editor


 Top! Siti Rahmatillah, Mahasiswa UIN Malang Sabet Juara Lomba Esai Nasional Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-MALANG

Prestasi membanggakan dicatat oleh Siti Rahmatillah, mahasiswi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Pasalnya, ia baru saja menyabet juara lomba Esai Nasional di Universitas Mataram pada pertengahan Desember 2022.


Pada event yang diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia itu, Siti Rahmatillah berhasil meraih juara pertama. Tulisan esai karyanya yang dilombakan di ajang itu berjudul ‘Vitalisasi Bahasa Indonesia yang Berkarakter sebagai Upaya Kemajuan Peradaban Generasi Emas 2045.’


“Peran Bahasa Indonesia ialah sebagai sarana komunikasi, alat ekspresi diri, dan alat adaptasi sosial dengan lingkungan. Bahasa Indonesia juga turut berperan dalam kemajuan ilmu pengetahuan, yakni sebagai bahasa pendukung untuk kepentingan pembangunan nasional,” ungkap Siti Rahmatillah menjelaskan isi karyanya dilansir dari UIN Malang, Kamis (29/12/2022).


Siti mengaku bangga telah turut berpartisipasi dalam event tersebut. Sebab, menurutnya, hal tersebut sebagai bagian dari upaya untuk berkontribusi dan menyumbangkan ide dalam menjaga dan mencintai bahasa Indonesia.


“Lewat event ini saya bisa menyalurkan dan menarasikan kegelisahan terkait dengan problematika bahasa Indonesia di era global,” tegasnya.


Perempuan asal Kota Bima, Nusa Tenggara Barat ini berpesan hendaknya tidak hanya menjadi generasi pengguna Bahasa Indonesia semata. Akan tetapi, lanjut Siti, patut kiranya juga mencintai bahasa Indonesia dengan cara belajar dan memahami problematika yang berkembang di dalamnya.


“Karena mencintai bahasa berarti mencintai bangsa,” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Pesan Dirjen Pendis: Biar Keren dan Miliki Halo Effect, Humas Harus Cerdas Kelola Informasi

6 Februari 2023 - 20:55 WIB

Hasil Riset: Ngobrol Sama Teman Sekali Sehari Baik Buat Kesehatan Mental

6 Februari 2023 - 10:26 WIB

Prof Mahmud: Jadikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam sebagai Jurusan Berskala Internasional!

1 Februari 2023 - 23:53 WIB

Innalillahi, Wakil Dekan I FTK UIN Bandung Meninggal Dunia

24 Januari 2023 - 09:42 WIB

Menag: Jangan Lakukan Koruptif

21 Januari 2023 - 11:03 WIB

Keren! Mahasiswa UIN Bandung Diajak Perkuat Jiwa Wirausaha Lewat Bonsai

9 Januari 2023 - 10:28 WIB

Trending di Umum