Menu

Mode Gelap

Umum · 21 Mei 2022 11:44 WIB

Top! Peluncuran 2 Buku Tandai Dies Natalis ke-65 UIN Jakarta

Avatar badge-check

Editor


 Top! Peluncuran 2 Buku Tandai Dies Natalis ke-65 UIN Jakarta Perbesar

SPi-JAKARTA

UIN Jakarta menggelar perayaan Dies Natalis ke-65 dengan meluncurkan dua buah buku. Satu buku di antaranya merupakan kado bagi para guru besar yang berkiprah di bidang keilmuan masing-masing.

“Buku tentang 65 guru besar jumlahnya disesuaikan dengan usia UIN Jakarta yang ke-65 tahun,” kata Rektor UIN Jakarta Amany Lubis dalam sambutannya di Gedung Auditorium Harun Nasution, Jumat (20/5/2022).

Kedua buku yang diluncurkan adalah Antologi 65 Guru Besar: “65 Tahun UIN Jakarta Membangun Indonesia” dan UIN Jakarta Melewati Pandemi 2020-2022.

Selain meluncurkan buku, Dies Natalis yang dihadiri para wakil rektor, para dekan, para guru besar, dan sejumlah dosen dan karyawan itu juga ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng.

Upacara potong tumpeng dilakukan oleh Rektor Amany Lubis disaksikan Ketua Senat Universitas Abuddin Nata, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI periode 2009-2014 Mohammad Nuh, Ketua Panitia Dies Natalis yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ali Munhanif, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Dirasat Islamiyah Yuli Yasin, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Fauziah Ahmad Rodoni.

Perayaan Dies Natalis ke-65 UIN Jakarta digelar dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin Ketua Senat Universitas Abuddin Nata. Acara berlangsung sederhana dan hanya diisi dengan orasi ilmiah oleh Mohammad Nuh serta sambutan secara virtual oleh Wakil Presiden RI KH Mar’ruf Amin.

Amany Lubis mengatakan, peringatan Dies Natalis tak lain sebagai ungkapan rasa syukur atas kemajuan yang dicapai UIN Jakarta sejak berdirinya tahun 1957 hingga sekarang. Kemajuan tersebut tak hanya dari segi infrastruktur, tapi juga berbagai prestasi akademik dan non akademik.

“Kita juga sangat berterima kasih kepada para founding father, baik dari semasa ADIA dan IAIN maupun kini UIN Jakarta. Mereka telah berjasa dalam pendirian UIN Jakarta kini. Semoga mereka yang telah tiada mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT,” katanya.

Ali Munhanif dalam laporannya mengatakan, Dies Natalis ke-65 UIN Jakarta digelar dalam beberapa rangkaian kegiatan. Selain dalam bentuk perlombaan, juga kegiatan ilmiah, bakti sosial, pameran foto, dan hiburan.

“Acara kita kemas secara sederhana namun penuh makna. Mudah-mudahan semua dapat berjalan sesuai yang kita rencanakan,” ujarnya.

Semenara itu, dalam waktu yang sama, Rektor Amany Lubis juga membuka pameran foto tentang perjalanan UIN Jakarta. Pameran digelar di Auditorium Harun Nasution dan menampilkan beragam foto kegiatan UIN Jakarta dari masa ke masa

Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

Prof Mahmud: Jadikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam sebagai Jurusan Berskala Internasional!

1 Februari 2023 - 23:53 WIB

Innalillahi, Wakil Dekan I FTK UIN Bandung Meninggal Dunia

24 Januari 2023 - 09:42 WIB

Menag: Jangan Lakukan Koruptif

21 Januari 2023 - 11:03 WIB

Keren! Mahasiswa UIN Bandung Diajak Perkuat Jiwa Wirausaha Lewat Bonsai

9 Januari 2023 - 10:28 WIB

5 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa UIN Jakarta Tahun 2023

7 Januari 2023 - 08:34 WIB

Top! MAN 2 Kudus dan MAN Karangasem Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

5 Januari 2023 - 07:57 WIB

Trending di Umum