Menu

Mode Gelap

Riset & Edukasi · 1 Nov 2022 16:40 WIB

Top! Lolos Seleksi BRIN-LDE Academy, 2 Dosen UIN Ar-Raniry Ikut Pelatihan Riset di Banten

Avatar badge-check

Editor


 Top! Lolos Seleksi BRIN-LDE Academy, 2 Dosen UIN Ar-Raniry Ikut Pelatihan Riset di Banten Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-BANTEN

Dua orang dosen Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh berhasil lolos seleksi artikel penelitian yang dilaksanakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Keduanya adalah T Mulkan Safri MIP dosen Prodi Ilmu Perpustakaan dan Suci Fajarni MA dosen program studi Sosiologi Agama.

Atas keberhasilan tersebut, keduanya berhak mengikuti kegiatan Pelatihan Riset yang dilaksanakan BRIN bekerja sama dengan aliansi tiga universitas di Belanda, yaitu Leiden-Delft-Erasmus (LDE) selama lima hari, mulai tanggal 31 Oktober hingga 4 November 2022, di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Tangerang Selatan, Banten.

BRIN-LDE Academy adalah program ilmiah yang akan membahas secara mendalam tentang topik urbanisasi secara global, dan di Indonesia pada khususnya. Program lima hari ini terdiri dari kuliah, workshop menulis secara akademis, dan sesi pertemuan (match-making) antara peneliti Indonesia dan Belanda.

Berdasarkan keterangan T Mulkan Safri, Dosen pada Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyebutkan bahwa artikel penelitian yang lolos merupakan hasil kolaborasi bersama Ardanareswari Ayu Pitaloka dari BRIN, Yelly Elanda dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dan Diyas Widiyarti dari Universitas Bengkulu yang diketui oleh Suci Fajarni MA dosen program studi Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Untuk kegiatan ini terdiri dari 80 orang calon peneliti yang berasal Indonesia dan 20 orang dari Belanda. Sementara fasilitator untuk pelatihan academic writing terdiri dari 4 orang dari Belanda dan 4 orang dari Indonesia,”kata T Mulkan dilansir Kemenag, Selasa (01/11/2022).

Lebih lanjut, Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan menjelaskan bahwa output dari kegiatan ini adalah mempresentasikan artikel penelitian dari seluruh peneliti dari Belanda dan Indonesia terpilih, mengikuti workshop penulisan ilmiah dan penulisan proposal, dan menjalin kerjasama penelitian antara beberapa pusat riset BRIN dengan seluruh peneliti dan akademisi dari seluruh Indonesia dan Belanda.

“Semua artikel yang lolos akan dibahas dalam workshop bersama para profesor dari BRIN dan universitas Leiden-Delft-Erasmus. Beberapa artikel yang terpilih akan digabungkan untuk menjadi buku dan diterbitkan oleh penerbit internasional,”ungkapnya.

Acara pelatihan ini merupakan yang pertama dilakukan dengan mengumpulkan beberapa peneliti dari berbagai daerah dan luar negeri untuk memudahkan kerjasama BRIN dalam melakukan riset dan inovasi

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Kuatnya Pengaruh Kekerasan Adegan Film dalam Kehidupan Nyata

8 Januari 2023 - 08:47 WIB

Keren! Faiz Affan, Guru MTsN 1 Pati Juara Lomba Video Pembelajaran Digital

1 Januari 2023 - 10:52 WIB

Luar Biasa! Mahasiswa UIN Gus Dur Raih Juara 1 Lomba LKTI Yofest Unida Gontor 2022

29 Desember 2022 - 09:42 WIB

Tingkatkan Publikasi, 4 Jurnal UIN Jakarta Peroleh Akreditasi Baru

28 Desember 2022 - 13:21 WIB

Ibu, Madrasah Pertama dan Era 4.0

22 Desember 2022 - 15:21 WIB

Keren! 2 Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Kompetisi Matematika, Sains, dan Inggris Tingkat Nasional 2022

22 Desember 2022 - 08:54 WIB

Trending di Riset & Edukasi