Menu

Mode Gelap

Riset & Edukasi · 24 Mei 2022 11:56 WIB

Top! IAIN Kendari Genjot Publikasi Artikel Ilmiah Dosen Tembus Jurnal Internasioal

Avatar badge-check

Editor


 Top! IAIN Kendari Genjot Publikasi Artikel Ilmiah Dosen Tembus Jurnal Internasioal Perbesar

SPI-SULAWESI 

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui Lembaga Penelitian dan Pengabidan Masyarakat (LPPM) terus menggenjot publikasi artikel ilmiah para dosen agar bisa bersaing di jurnal-jurnal internasional yang bereputasi.

Ketua LPPM Abdul Kadir mengungkapkan ada 11 artikel ilmiah yang siap dipublikasikan pada tahun 2022. Artikel tersebut ditulis oleh dosen penerima bantuan penelitian tahun 2021.
“Untuk mendorong publikasi tersebut para dosen akan memperoleh pendampingan dan mengikuti pelatihan teknis peningkatan kapasitas penulisan artikel internasional bereputasi baik secara metodologi maupun sistematika penulisan,” kata dia melalui keterangan resminya, pada Senin (22/5/2022).

Selain dosen penerima bantuan penelitian, LPPM juga melibatkan dosen senior yang tengah mempersiapkan pengusulan Guru Besar serta para dosen yang tercatat aktif menulis artikel ilmiah.
Kegiatan pelatihan dan pendampingan artikel berstandar internasional.
Untuk itu, IAIN Kendari menghadirkan narasumber yang merupakan editor pada jurnal-jurnal internasional antara lain Prof. Sukardi Weda dari Universitas Negeri Makassar dan M. Faruq Ubaidillah dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Husain Insawan yang mewakili Rektor menyampaikan bahwa publikasi karya dosen masih menjadi program prioritas dalam meningkatkan mutu dan rekognisi lembaga baik pada level nasional maupun internasional. “Reputasi kampus ikut ditentukan dari reputasi dosen yang dapat diukur berdasarkan indeks sitasi artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi Scopus dan Web of Science. Oleh karena itu kami terus mendorong pelaksanaan upgrading penulisan karya ilmiah agar memotivasi dosen untuk terus berkarya,” ujarnya.

Dia juga memotivasi dosen untuk tidak berputus asa jika karya ilmiah yang ditulis mendapat penolakan dari reviewer jurnal. Penolakan seyogyanya menjadi pemantik bagi dosen untuk meningkatkan skill dan kapasitas menulis serta berjejaring dan berkolaborasi dengan para peneliti dari lembaga lain untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan.

“Kami juga mengingatkan kepada para dosen untuk harus lebih selektif dalam memilih jurnal internasional sasaran publikasi artikel ilmiah. Pastikan jurnal tersebut bukan jurnal predator dan diskontinue sehingga upaya yang kita lakukan tidak sia-sia,” paparnya.

Pada tahun 2020, terdapat tiga artikel hasil penelitian dosen yang terpublikasi pada jurnal internasional bereputasi sedangkan 53 lainnya telah terpublikasi pada jurnal terakreditasi nasional. Tahun 2021, LPPM IAIN Kendari Kembali menyalurkan anggaran bantuan penelitian sebanyak Rp 1,1 miliar kepada 86 orang dosen lingkup IAIN Kendari. Hasil penelitian dosen tersebut juga ditargetkan dapat terpublikasi pada jurnal terakreditasi nasional dan jurnal internasional bereputasi.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Kuatnya Pengaruh Kekerasan Adegan Film dalam Kehidupan Nyata

8 Januari 2023 - 08:47 WIB

Keren! Faiz Affan, Guru MTsN 1 Pati Juara Lomba Video Pembelajaran Digital

1 Januari 2023 - 10:52 WIB

Luar Biasa! Mahasiswa UIN Gus Dur Raih Juara 1 Lomba LKTI Yofest Unida Gontor 2022

29 Desember 2022 - 09:42 WIB

Tingkatkan Publikasi, 4 Jurnal UIN Jakarta Peroleh Akreditasi Baru

28 Desember 2022 - 13:21 WIB

Ibu, Madrasah Pertama dan Era 4.0

22 Desember 2022 - 15:21 WIB

Keren! 2 Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Kompetisi Matematika, Sains, dan Inggris Tingkat Nasional 2022

22 Desember 2022 - 08:54 WIB

Trending di Riset & Edukasi