Menu

Mode Gelap

News · 11 Jul 2022 23:04 WIB

Tingkatkan Publikasi, UIN Bandung Bentuk Tim Penulisan Karya Ilmiah

Avatar badge-check

Editor


 Tingkatkan Publikasi, UIN Bandung Bentuk Tim Penulisan Karya Ilmiah Perbesar

SPI-BANDUNG

Sentra Kelas Menulis, Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Training of Trainer (TOT) Pendamping Penulisan Karya Ilmiah yang dibuka oleh Dr Wahyudin Darmalaksana MAg, Penanggung jawab Rumah Jurnal, di Aula Lecture Hall, Senin (11/07/2022).

Sebanyak 45 dosen muda UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengikuti TOT dengan narasumber Diena Rauda Ramdania, M.T., Dian Sa’Adillah Maylawati, M.T.

Dr Wahyudin menyampaikan kegiatan TOT untuk dosen muda ini sebagai ikhtiar bersama untuk menghidupkan kultur penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas. “Menulis itu harus bahagia. Jadikan menulis artikel ilmiah sebagai rekreasi, sehingga menulis artikel ilmiah dan publikasi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan kenaikan pangkat, tetapi sebagai prestasi untuk lembaga,” tegasnya.

Menurutnya, kegiatan TOT ini sebagai salah satu jalan dan ikhtiar untuk meningkatkan kualitas dan rekognisi dosen-dosen di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Karena kita keluarga, ayo kita maju bersama,” jelasnya.

Koordinator Rumah Jurnal, Hamdan Sugilar, M.Pd. menuturkan acara TOT ini diselenggarakan dalam rangka melatih dosen-dosen UIN Bandung yang berpotensi menjadi pendamping penulisan karya ilmiah untuk kebutuhan kenaikan pangkat, mulai dari Asisten Ahli hingga Guru Besar.

“Peserta adalah dosen-dosen terpilih dari proses kegiatan seri kelas menulis yang diselenggarakan lima kali pertemuan secara daring. Peserta yang diundang sebanyak 45 peserta yang mewakili masing-masing Fakultas,” paparnya.

Dengan harapan setiap peserta disiapkan untuk mendampingi rekan-rekan di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam memenuhi kebutuhan publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsional.

Dian Sa’Adillah Maylawati, M.T. menjelaskan peserta TOT ini akan dilibatkan dalam kegiatan Sentra Kelas Menulis, Rumah Jurnal mulai dari Workshop Publikasi untuk Kenaikan Pangkat, Pendampingan Publikasi untuk Akselerasi Lektor Kepala, sampai Pendampingan Publikasi untuk Akselerasi Guru Besar. “Penyamaan persepsi, pengetahuan, dan skill dalam menulis artikel ilmiah menjadi penting selama kegiatan Training of Trainer berlangsung. Apalagi pada akhiri kegiatan dilakukan sesi role play atau simulasi mendampingi persiapan publikasi artikel ilmiah,” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 36 kali

Baca Lainnya

Stafsus Menag: PTKIN Gerakkan Potensi Humas dan Bentuk Cyber Army

3 Februari 2023 - 14:47 WIB

Selamat! Versi Webometrics Januari 2023, UIN Bandung Duduki Posisi I PTKIN Terbaik di Indonesia

2 Februari 2023 - 10:01 WIB

Terapkan MBKM, 7 Mahasiswa UIN Batusangkar Ikut Magang di PT. Madani Intelsysdata Jakarta

1 Februari 2023 - 13:45 WIB

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

28 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Trending di News