Tingkatkan Publikasi, Rumah Jurnal UIN Bandung Lakukan Roadshow Sosialisasi dan Silaturahmi

oleh

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-BANDUNG

Dalam rangka meningkatkan publikasi, Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan Roadshow Sosialisasi dan Silaturahmi ke 9 Fakultas dan Pascasarjana selama dua bulan, sejak Januari-Februari 2023.

Rektor, Prof Dr H Mahmud MSi CSEE menegaskan pentingnya kontribusi publikasi ilmiah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari produktivitas riset di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Roadshow ini bertujuan untuk akselerasi program unggulan 2023 diantaranya: program percepatan guru besar, peningkatan kualitas jurnal, dan rekognisi internasional.

Rekognisi jurnal ilmiah di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati ini diharapkan dapat mendongkrak mulai dari daya saing Perguruan Tinggi Islam, renstra, outcome riset, instrumen angka kredit dosen, afirmasi program sampai anggaran untuk penelitian.

Menurutnya, ini menjadi ikhtiar dan komitmen bersama civitas akademika untuk meningkatkan marwah kampus. “Saya atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja nyata, cerdas yang dilakukan oleh Rumah Jurnal dalam rangka peningkatan publikasi,” tegasnya.

Melalui kegiatan road show ini Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., CHS berharap pimpinan fakultas dan Direktur Pascasarjana bersinergi dengan baik dengan Rumah Jurnal terutama terkait dengan mempertahankan reputasi capaian yang sudah diperoleh untuk lebih ditingkatkan, “terutama terkait dengan peringkat webometrics, peringkat Scimago, jumlah publikasi bereputasi nasional dan internasional, dan meningkatnya jumlah jurnal terakreditasi SINTA dan Scopus dan eksistensi keberadaan jurnal yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung,” paparnya.

Koordinator Rumah Jurnal, Hamdan Sugilar, M.Pd menjelaskan roadshow pada bulan Januari pertama dilakukan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) pada Selasa (17/01/2023) jam 13.00 WIB.

Sosialisasi dan silaturahim agenda Rumah Jurnal, di ruang rapat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dihadiri Dekan FTK, Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed. dan para pengelola jurnal Fakultas.

Prof Aan menyampaikan untuk memajukan Unit dan Lembaga Dekan siap mensuport kegiatan-kegiatan jurnal dan Rumah Jurnal harus siap mensuport kegiatan yang berkaitan dengan publikasi dan jurnal yang diadakan di Fakultas.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan program kerja rumah jurnal ditahun 2023 dan menginformasikan keadaan jurnal yang ada di tiap-tiap fakultas/unit.

“Dari 112 jurnal yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan memiliki 12 jurnal dan 10 jurnal sudah terakreditasi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan juga mempunyai keunggulan mempunyai julnal sinta 1 yang sudah terindeks scopus,” paparnya.

Untuk sosialisasi dan silaturahim agenda Rumah Jurnal dengan Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung di ruang rapat Pascasarjana, Jumat (20/1/2023)

Wakil Direktur I, Prof. Dr. H. Ajid Thohir, M.Ag. dan para pengelola jurnal di Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan program kerja rumah jurnal ditahun 2023 dan menginformasikan keadaan jurnal yang ada di tiap-tiap fakultas/unit. “Dari 112 jurnal yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 15 jurnal penerbitnya pascasarjana. Ada beberapa jurnal juga yang sudah tidak ada terbitan lagi atau sudah tidak dikelola,” tuturnya.

Pada Kamis 26 Januari 2023 Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan sosialisasi dan silaturahim agenda Rumah Jurnal di dua Fakultas. Pagi dari jam 09.00-12.00 WIB di Fakultas Syariah dan Hukum dan 13.00 – 15.30 WIB di Fakultas Ushuluddin.

Di Fakultas Syariah dan Hukum dilaksanakan di ruang rapat fakultas dan dihadiri para pengelola jurnal, dari awal hingga akhir sosialisasi diskusi berlangsung sangat intens. “Dari 8 jurnal yang dimiliki FSH baru 2 yang sudah terakreditasi,” paparnya.

Sedangkan di Fakultas Ushuluddin kegiatan sosialisasi dan silaturahim agenda Rumah Jurnal dilaksanakan di Aula Fakultas Ushuluddin yang di hadiri semua pimpinan dari Kajur sampai Dekan dan pengelola jurnal.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr Wahyudin Darmalaksana menegaskan bahwa dari kelas menulis banyak melahirkan orang-orang hebat dan banyak menyumbangkan publikasi. “Dari 12 Jurnal yang dimiliki fakultas juga 6 diantarnya sudah terakreditasi dan ada pula jurnal yang dikelola oleh mahasiswa,” jelasnya.