Tingkatkan Publikasi, Rumah Jurnal UIN Bandung Lakukan Benchmarking ke UIN Syarif Hidayatullah

oleh

JAKARTA SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Tim Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terdiri dari Sentra Hak Kekayaan Intelektual, Hamdan Sugilar, M.Pd, Sentra Publikasi, Ferli Septi Irwansyah, M.Si., Sentra Kelas Penulisan, Dian Sa’adilah Maylawati, MT., Ph.D., Sentra Jurnal Busro, S.Ud., M.Ag., Sentra Sinta, Ali Rahman, ST., M.Kom.,dan Tenaga Kependidikan, Widodo Dwi Ismail Aziz, S.AP. melakukan Benchmarking ke Rumah Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah.

Koordinator Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung Hamdan Sugilar, M.Pd, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami untuk mempererat tali silaturahmi dan menjalin komunikasi yang intens untuk membangun simbiosis mutualisme antar para pengelola Rumah Jurnal.

“Pada akhir bulan Juli, tepatnya hari Kamis-Jumat tanggal 20-21 Juli 2023 kami melakukan benchmarking ke Rumah Jurnal UIN Jakarta. Alhamdulillah mendapatkan apresiasi yang tak terhingga karena sudah diterima kunjungannya dan disambut dengan penuh ke ramah tamahan,” tuturnya, Selasa (1/8/2023).

Ketua Rumah Jurnal FITK UIN Syarif Hidayatullah Yazid Hady, M. Pd yang disapa Mas Yazid para pengelola jurnal harus memiliki semangat dan jiwa yang tinggi untuk menjaga kualitas artikel dengan baik dan menjaga jurnal tetap eksis.

“Pengelola jurnal harus mampu menjaga kualitas jurnal, bagi yang mengajukan jurnal baru kita tidak langsung diberikan OJS-nya jadi kumpulkan dulu 15 sampai 20 artikel baru atau artikel yang disiapkan untuk terbitan selama dua volume atau dua tahun. Untuk penamaannya juga tidak melebar, dengan melihat 20 artikel tersebut. Kemudian kerucutkan penamaan jurnal agar lebih spesifik, sehingga tidak terjadi jurnal yang mati suri,” jelasnya.

Program kegiatan lainnya dalam rangka meningkatkan publikasi ilmiah ini dengan memberikan pendampingan kepada jurnal yang akan mengajukan akreditasi, melalui saling support antar pengelola jurnal, bagi jurnal yang sudah ter akreditasi memberikan bantuan support kepada jurnal yang sedang akreditasi, sehingga tercipta saling maju bersama.

Menurutnya, cara lain yang akan dikembangkan untuk meningkatkan mutu kualitas artikel dan memberikan layanan penyimpanan karya tulis ilmiah mahasiswa baik itu tugas akhir, skripsi, tesis, atau artikel lainnya, “Karya tulis tersebut tersimpan pada website yang khusus menyimpan karya tulis mahasiswa baik yang sudah terbit atau dalam proses terbit melalui website preprints dalam bentuk platform dan workflow by OPS/PKP. Preprints ini pengembangan dari konsep repositori,” tegasnya.

Soal ikhtiar lainnya dalam rangka menyiapkan, mendistribusikan artikel untuk jurnal bereputasi global dengan mengundang para editor in chief, managing editor menjadi review proposal penelitian. “Setelah itu diadakan diskusi untuk sama-sama maju bersama saling membangun simbiosis mutualisme sehingga para pengelola jurnal bereputasi tidak kekurangan artikel dari dalam negeri,” pungkasnya.