Menu

Mode Gelap

News · 5 Sep 2022 13:59 WIB

Tingkatkan Publikasi Ilmiah, IAIN Kendari-UIN Bandung Luncurkan Mercusuar 2022

Avatar badge-check

Editor


 Tingkatkan Publikasi Ilmiah, IAIN Kendari-UIN Bandung Luncurkan Mercusuar 2022 Perbesar

SPI-KENDARI
Mercusuar 2022 resmi menjadi nama temu ilmiah yang digagas oleh Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara.

Secara istilah mercusuar ialah menara dengan cahaya terang di bagian atas. Sebelumnya, FUAD IAIN Kendari telah jauh hari mematenkan “Mercusuar Umat” sebagai tagline FUAD IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara.

Temu ilmiah digelar oleh FUAD IAIN Kendari di Aula Mini IAIN Kendari pada Sabtu-Minggu, (03-04/09/2022). Temu ilmiah ini berupa kegiatan penulisan artikel untuk sasaran publikasi di jurnal ilmiah.

Sebanyak 50 mahasiswa dari berbagai program studi di FUAD IAIN Kendari hadir sebagai peserta pada agenda temu ilmiah ini didampingi oleh kalangan dosen. Serta hadir pula utusan mahasiswa dari pendidikan tinggi lain.

Selama dua hari itu peserta melakukan penulisan artikel ilmiah. Artikel-artikel tersebut akan dipresentasikan melalui pendampingan dosen. Selanjutnya, artikel-artikel setelah dilakukan review akan dipublikasikan pada volume khusus di jurnal ilmiah Gunung Djati Conference Series (GDCS) bertajuk “Mercusuar 2022.”

Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd., Dekan FUAD IAIN Kendari meluncurkan Mercusuar 2022. “Agenda utama Mercusuar 2022 menghimpun publikasi ilmiah kemitraan dosen dan mahasiswa. Nama Mercusuar 2022 diambil dari tagline Mercusuar Umat. Dengan ini Mercusuar 2022 saya resmikan,” tegas Dekan didampingi para wakil dekan, yakni Siti Fauziah, S.Pd.I., M.Pd., Dra. Rahmawati, M.Pd., dan Dr. H.M. Ikhsan, M.Ag.

“Mercusuar 2022 akan menghimpun artikel-artikel hasil penulisan mahasiswa melalui pendampingan dosen. Himpunan artikel akan diterbitkan pada GDCS yang dikelola oleh Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung,” tutur Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd., Senin, (05/09/2022).

“Kami bertekad melakukan peningkatakan kapasitas keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah melalui pendampingan dosen. Juga menyiapkan tekad penuh untuk melakukan penguatan Kelas Menulis FUAD IAIN Kendari hingga Mercusuar 2022 berhasil menerbitkan himpunan artikel ilmiah hasil riset kemitraan dosen dan mahasiswa,” pungkasnya.

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung memberikan apresiasi tinggi atas peluncuran Mercusuar 2022. “Ini khas FUAD IAIN Kendari untuk publikasi ilmiah kemitraan dosen dan mahasiswa. Kami berkomitmen untuk menerbitkan himpunan artikel tersebut di GDSC sebagai wujud kemitraan strategis antara FUAD IAIN Kendari dan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung,” tuturnya.

“Nama Mercusuar sangat tepat yang menjadi kekhasan FUAD IAIN Kendari. Ini sejenis konferensi dengan atmosfer akademik yang menjadi equilibrium publikasi ilmiah di Sulawesi Tenggara. Setelah Mercusuar 2022 tentu mesti terselenggara juga Mercusuar 2023,” pungkasnya.

Mahasiswa pada agenda Mercusuar 2022 tampak bersemangat melakukan penulisan artikel ilmiah. Di hari ke 2 telah selesai 12 artikel atas nama Helmalia, Ahmad Syawal, Rafli Rahman, Ahmad Nur, Rezky Alsyah, Hidayat Jisaid, Khaerul Kahfi, Siti Hotiza, Akmal Alna, Esti Oktavya, Heti Juningsih, dan Sarmadan Hasdiansyah.

Penyelesaian penulisan artikel akan disusul oleh peserta lain. Selanjutnya, dosen ahli bidang ilmu akan melakukan RE-SEE, yaitu peninjauan area mana yang harus dipotong, ditambah, dan ditata ulang.

Penulisan artikel ilmiah mahasiswa menerjunkan fasilitator sebaya, yakni Hidayatul Fikra, Susanti Vera, dan Fitriani. Ketiganya merupakan pengelola Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Kami sangat mendukung Mercusuar 2022 yang diusung Kelas Menulis FUAD IAIN Kedari. Semoga terbentuk pula Kelas Menulis atau Writing Center untuk mahasiswa di pendidikan tinggi lain,” ungkap Hidayatul Fikra didampingi fasilitator sebaya lainnya Susanti Vera dan Fitriani yang juga merupakan para pengelola jurnal ilmiah di lingkungan mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tiga peserta pada Mercusuar ke 1 tahun 2022 memberikan testimoni “saya senang mengikuti kegiatan ini karena banyak hal yang saya jadi tahu terutama susunan penulisan artikel dan penggunaan Mendeley” tutur salah seorang peserta. “Ternyata penggunaan Mendeley memudahkan pengutipan dan tulisan menjadi rapi,” tutur peserta yang lain.
“Saya semester 9 baru kali ini mengikuti latihan penulisan artikel yang sangat memuaskan,” tutur Sarmadan Hasdiansyah utusan dari Universitas Muhammadiyah Kendari.

Peserta Mercusuar ke 1 merupakan mahasiswa dari berbagai program studi (Prodi) tetapi mayoritas dari Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) FUAD IAIN Kendari. “Semoga mahasiswa IAT menjadi bagian terbesar dalam publikasi ilmiah Mercusuar 2022,” ungkap Dr. Fatirawahidah, M.Ag., Ketua Prodi IAT didampingi Sekretaris Prodi IAT FUAD IAIN Kendari.
Bertindak selaku panitia yakni Syahrul Mubarak, M.Ag., Ira Trisnawati, M.Ag., Masyuri Rifa’i, M.Ag., dan lain-lain. Selain peluncuran Mercusuar ke 1 tahun 2022, juga disepakati komitmen kerjasama antara Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Kelas Menulis FUAD IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara.
Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Stafsus Menag: PTKIN Gerakkan Potensi Humas dan Bentuk Cyber Army

3 Februari 2023 - 14:47 WIB

Selamat! Versi Webometrics Januari 2023, UIN Bandung Duduki Posisi I PTKIN Terbaik di Indonesia

2 Februari 2023 - 10:01 WIB

Terapkan MBKM, 7 Mahasiswa UIN Batusangkar Ikut Magang di PT. Madani Intelsysdata Jakarta

1 Februari 2023 - 13:45 WIB

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

28 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Trending di News