Menu

Mode Gelap

News · 26 Sep 2022 07:08 WIB

Tingkatan Capaian Jurnal Terakreditasi, UPI Gelar Pelatihan Akreditasi Jurnal Nasional

Avatar badge-check

Editor


 Tingkatan Capaian Jurnal Terakreditasi, UPI Gelar Pelatihan Akreditasi Jurnal Nasional Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-BANDUNG

Publikasi ilmiah saat ini sedang mengalami perubahan yang besar, yang muncul akibat transisi dari format penerbitan cetak ke arah format elektronik. Tren umum yang berjalan sekarang, akses terhadap jurnal ilmiah secara elektronik disediakan secara terbuka. Hal ini berarti semakin banyak publikasi ilmiah yang dapat diakses secara gratis melalui internet, baik yang disediakan oleh pihak penerbit jurnal, maupun yang disediakan oleh para penulis artikel jurnal itu sendiri.

Dalam rangka meningkatkan kualitas substansi artikel jurnal, pengelolaan jurnal, dan aksesibilitas jurnal di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, Kantor Jurnal Publikasi UPI (KJP UPI) secara berkala menyelenggarakan pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas publikasi serta meningkatkan capaian jurnal UPI yang terakreditasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Merujuk pada ketentuan akreditasi jurnal Kemdikbudristek, pengajuan akreditasi terbitan ilmiah jurnal dilakukan untuk dua jenis yaitu pengajuan akreditasi untuk jurnal baru serta pengajuan reakreditasi jurnal. Menindaklanjuti hal tersebut, Kantor Jurnal dan Publikasi UPI menyelenggarakan pelatihan akreditasi jurnal baru dan reakreditasi jurnal yang sudah selesai masa akreditasinya secara daring pada Rabu  (21/09/2022).

Dengan narasumber Dr. Yana Setiawan, S.Pd., M.M yang membahas prosedur dan tahapan pengajuan indeks Garba Rujukan Digital sebagai persyaratan akreditasi jurnal serta pengajuan akreditasi dan reakreditasi jurnal Kemdikbudristek.

Pelatihan akreditasi dan reakreditasi jurnal yang diselenggarakan Kantor Jurnal dan Publikasi UPI diikuti oleh 54 pengelola jurnal dari berbagai program studi di lingkungan UPI. Secara resmi, kegiatan pelatihan dibuka oleh Direktur Urusan Internasinal UPI (Directorate of International Affairs (DIA), Prof. Ahmad Buchori Muslim, Ph.D.

Lebih lanjut menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan jurnal ini diselenggarakan bagi pengelola jurnal ilmiah di UPI dalam rangka merespon pentingnya pengindeksan dalam jurnal sebagai salah satu cara diseminasi publikasi nasional dan global. Dr. Eng. Asep Bayu Dani Nandiyanto, ST, M Eng selaku Kepala Kantor Jurnal dan Publikasi UPI menegaskan bahwa kegiatan pelatihan ini juga penting diselenggarakan bagi pengelola jurnal UPI dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu terbitan jurnal di UPI.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

27 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Jurnal Prisma: Soedjatmoko Pemikir, Intelektual Bangsa yang Kritis

20 Januari 2023 - 14:26 WIB

Selamat! 5 Dosen Ushuluddin UIN Bandung Jadi Guru Besar

16 Januari 2023 - 11:57 WIB

Tahap Awal 4 Kampus, Kemenag Jajaki Kerjasama dengan Universiti Utara Malaysia

14 Januari 2023 - 23:30 WIB

Trending di News