Menu

Mode Gelap

Tips Nulis · 8 Feb 2022 09:07 WIB

Ternyata Ini Alasan Kelas Menulis Mahasiswa


 Ternyata Ini Alasan Kelas Menulis Mahasiswa Perbesar

Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung

(BANDUNG-SPI)- Saat ini merupakan era publikasi ilmiah, yaitu penyebarluasan karya tulis hasil penelitian kepada masyarakat. Salah satunya publikasi artikel di jurnal ilmiah.

Kemitraan dosen dan mahasiswa dalam publikasi artikel di jurnal ilmiah merupakan tagihan akreditasi program studi pendidikan tinggi. Akreditasi ialah penilaian pihak eksternal berkenaan dengan kualitas pendidikan tinggi.

Penilaian akreditasi pendidikan tinggi menempatkan posisi mahasiswa sebagai pusat pembelajaran. Proses pembelajaran dilangsungkan secara interaktif untuk memastikan partisipasi aktif mahasiswa dalam mengoptimalkan kompetensi.

Kompetensi di antaranya keterampilan khusus mahasiswa dalam bidang penulisan artikel ilmiah. Pengembangan kapasitas kompetensi mahasiswa dalam bidang penulisan artikel ilmiah dituangkan di dalam penyelenggaraan kurikulum, baik formal melalui pembelajaran di dalam kelas maupun informal melalui pelatihan di luar kelas.

Hal paling utama adalah strategi peningkatan kapasitas kompetensi keterampilan khusus mahasiswa dalam bidang penulisan artikel ilmiah. Hasil dari strategi ini diarahkan demi terlaksananya agenda kemitraan dosen dan mahasiswa dalam publikasi artikel di jurnal ilmiah.

Kemitraan dosen dan mahasiswa dimulai sejak penyusunan proposal penelitian. Dilanjut dengan pelaksanaan penelitian. Berikutnya ialah penulisan artikel hasil penelitian. Terakhir, yakni pengiriman artikel tersebut ke jurnal untuk sasaran publikasi ilmiah.

Mahasiswa jenjang sarjana berperan sebagai asisten dosen dalam pelaksanaan penelitian. Termasuk asisten dalam publikasi hasil penelitian tersebut di jurnal ilmiah. Asisten adalah orang yang bertugas membantu orang lain dalam melaksanakan tugas profesional.

Kelas Menulis untuk kalangan mahasiswa diselenggarakan untuk penguatan kapasitas kompetensi keterampilan khusus mahasiswa di dalam bidang penulisan artikel ilmiah. Kelas Menulis ini berperan sebagai pembibitan mahasiswa untuk diarahkan menjadi asisten dosen dalam penelitian dan publikasi ilmiah.

Kelas Menulis telah berlangsung di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Bandung. Luaran dari kelas ini diarahkan untuk tantangan era publikasi ilmiah dan penilaian akreditasi program studi berkenaan dengan kemitraan dosen dan mahasiswa dalam publikasi artikel di jurnal ilmiah.

Lebih jauh lagi Kelas Menulis disiapkan sebagai pembibitan asisten peneliti. Adapun ujungnya diharapkan sebagai pembibitan peneliti. Suatu tuntutan pengembangan dari universitas berbasis pengajaran ke universitas berbasis penelitian.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Dijamin Mudah, Lancar, dan Cepat, Yuk Terapkan 11 Tahap Latihan Menulis Artikel Ilmiah

12 Januari 2023 - 23:24 WIB

Hai Bestie Tugas Akhir Boleh Pake Artikel, Asal Sesuai Panduan Penulisan Skripsi

5 Januari 2023 - 10:57 WIB

3 Manfaat Konferensi Bagi Mahasiswa Ala Kelas Menulis

7 Desember 2022 - 15:30 WIB

2 Cara Gunakan Kaidah Bahasa dalam Latihan Menulis Karya Ilmiah

28 Oktober 2022 - 15:45 WIB

7 Jenis Hipotesis dalam Penelitian yang Wajib Diketahui

21 Oktober 2022 - 11:40 WIB

3 Strategi Pelatihan Efektif bagi Mahasiswa dalam Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

21 Oktober 2022 - 06:49 WIB

Trending di Tips Nulis