Menu

Mode Gelap

News · 16 Sep 2022 16:48 WIB

Selamat! Hidayatul Fikra Jadi Direktur Kelas Menulis Divisi Pelatihan Mahasiswa

Avatar badge-check

Editor


 Selamat! Hidayatul Fikra Jadi Direktur Kelas Menulis Divisi Pelatihan Mahasiswa Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-BANDUNG

Searah dengan timeline sasaran strategis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2022, yakni peningkatan kualitas hasil penelitian, Kelas Menulis berusaha mendorong publikasi ilmiah mahasiswa pada jurnal terakreditasi Nasional Science and Technology Index (Sinta).

Sejak Tahun 2020, Kelas Menulis terus mengkampanyekan publikasi ilmiah di lingkungan mahasiswa. Kelas Menulis mencatat sebanyak 546 artikel mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil terbit di jurnal ilmiah sampai 16 September 2022.

Timeline sasaran strategis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menetapkan Tahun 2022 sebagai agenda peningkatan kualitas hasil penelitian. Sejalan dengan timeline tersebut berbagai upaya peningkatan dilakukan melalui Kelas Menulis.

Kelas Menulis pada mulanya dibidani oleh Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada Tahun 2022. Kelas ini telah memiliki banyak alumni terlatih di bidang penulisan akademik. Sejalan dengan perkembangannya, kini Kelas Menulis berdiri independen sejak September 2022 atas inisiatif Sentra Publikasi Indonesia.

Hidayatul Fikra memangku posisi sebagai Direktur pada Kelas Menulis. Lulusan Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2021 ini telah memiliki sejumlah publikasi artikel di jurnal terakreditasi Nasional index Sinta.

Di antaranya di jurnal Sinta 2 berjudul “The Success of Student Scientific Publications: Case Study of Islamic Higher Education in Indonesia.” Publikasi di jurnal Sinta 3 berjudul “Terapi Mind Healing Technique Metode Jarak Jauh untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi.” Publikasi di jurnal Sinta 5 berjudul “Peran Kecerdasan Spiritual Pribadi Muslim dalam Menghadapi Quarter Life Crisis” dan “Model Pendampingan Mahasiswa Bidang Keagamaan dalam Kepenulisan Artikel Ilmiah.”

Kelas Menulis menjalin kerjasama strategis dengan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam berbagai bidang inovasi dan transformasi. Antara lain pelatihan penulisan artikel ilmiah, penyelenggaraan konferensi, dan pengelolalan jurnal ilmiah.

Saat ini Kelas Menulis mengelola 5 (lima) jurnal ilmiah, yakni Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin (JPIU), Jurnal Riset Agama (JRA), Journal of Spirituality and Local Wisdom (SLW), Journal of Takhrij Al-Hadith (JTH), dan Gunung Djati Conference Series (GDCS).

Empat jurnal yakni JPIU, JRA, SLW, dan JTH merupakan milik Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sedangkan GDCS milik UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang digunakan secara khusus oleh Kelas Menulis untuk special issue.

Hidayatul Fikra yang kini tercatat sebagai Mahasiswa Program Magister Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad), direkrut oleh Sentra Publikasi Indonesia menjadi Direktur Kelas Menulis Divisi Pelatihan Mahasiswa.

“Semoga saya bisa menjalankan tugas di tengah agenda kuliah yang padat. Fakutas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi model kerjasama strategis kami dalam agenda pengembangan skill mahasiswa pada kapasitas academic writing. Di Tahun 2023 kami upayakan kerjasama lebih luas lagi,” tutur Hidayatul Fikra, Dikertur Kelas Menulis Divisi Pelatihan Mahasiswa Sentra Publikasi Indonesia.

Pada September 2022 ini Kelas Menulis tengah menyusun logical framework untuk 5 tahun ke depan. Ada banyak sasaran strategis yang tengah dirancang oleh Kelas Menulis. Sasaran strategis itu meliputi aktivitas-aktivitas kunci pada ranah input, process, output, outcome, benefit, dan impact atau goals.

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung tampak senang dengan berbagai capaian. “Kini Kelas Menulis sudah mandiri, otonom atau independen. Terimakasih untuk Sentra Publikasi Indonesia dan selamat serta sukses untuk Hidayatul Fikra telah mewakili alumni untuk berbagai kerja profesional. Tentu kami menyambut Kelas Menulis dengan terbuka sebagai mitra kerjasama,” paparnya, Jum’at, (16/09/2022).

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

27 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Jurnal Prisma: Soedjatmoko Pemikir, Intelektual Bangsa yang Kritis

20 Januari 2023 - 14:26 WIB

Selamat! 5 Dosen Ushuluddin UIN Bandung Jadi Guru Besar

16 Januari 2023 - 11:57 WIB

Tahap Awal 4 Kampus, Kemenag Jajaki Kerjasama dengan Universiti Utara Malaysia

14 Januari 2023 - 23:30 WIB

Trending di News