Menu

Mode Gelap

News · 6 Jan 2023 11:00 WIB

Selamat! 2 Prodi UIN Batusangkar Terakreditasi Unggul dari LAMDIK

Avatar badge-check

Editor


 Selamat! 2 Prodi UIN Batusangkar Terakreditasi Unggul dari LAMDIK Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-BATUSANGKAR

Dua program studi (prodi) Univeristas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar terakreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Akreditasi Unggul itu diberikan kepada program studi S.1 Pendidikan Agama Islam (PAI) berdasarkan Surat Keputusan nomor: 64/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2023 dan program studi S.1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA) berdasarkan surat keputusan nomor: 43/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2023 tertanggal 04 Januari 2023.

“Alhamdulillah, mengawali tahun baru 2023, UIN Mahmud Yunus Batsangkar mendapat kado istimewa, dua program studi kita terakreditasi unggul yang sebelumnnya Terakeditasi A dari BAN-PT. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa,” ujar Rektor UIN MY Batusangkar, Prof. Marjoni Imamora, di Gedung Rektorat, dilansir dari Kemenag, Jumat (6/1/2023).

“Terima kasih kepada dekan FTIK beserta jajaran, ketua program studi PAI & PBA, LPM, GPM, stakeholder, alumni, mahasiswa dan terima kasih kepada warga kampus atas support dan do’anya,” sambungnya.

Menurut pria kelahiran Padang Pariaman ini, akredetasi dua prodi tersebut tidak terlepas dari peran para dosen dan asesor internal yang selama ini aktif memberikan dukungan dan dokumentasi yang kemudian direspon secara positif.

“Perolehan Akreditasi Unggul ini adalah awal untuk semakin semangat dalam mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya PTKIN. Tentu ini bukan menjadi tujuan akhir, namun menjadi pijakan/motivasi bagi kami untuk mengembangkan dunia pendidikan dalam mencerdaskan generasi bangsa. Hal ini karena didasari prinsip bahwa kita harus terus berkembang dan berinovasi,” jelasnya.

Saat ini, UIN Mahmud Yunus Batusangkar sudah mengantongi delapan prodi dengan Akreditasi Unggul/A dari LAMDIK dan BAN-PT. Lima prodi berada pada Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), yakni: Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris/Pendidikan Bahasa Inggris (TBI), Tadris/Pendidikan Fisika (TFIS), dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Dua prodi ada di Fakultas Syariah, yakni Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Hukum Keluarga Islam/Ahwal Syakhshiyyah (AS). Satu prodi ada di Fakultas Ekomoni dan Bisnis Islam (FEBI) yakni Perbankan Syariah.

“Insya Allah di tahun 2023, UIN Mahmud Yunus Batusangkar menargetkan menjadi dua puluh program studi yang terakreditasi unggul, yang akan tersebar di semua fakultas. Kami berkomitmen untuk secara berkelanjutan meningkatkan penjaminan mutu pelayanan pendidikan. Kita akan tetap menjaga semangat dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi,” tutupnya

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Stafsus Menag: PTKIN Gerakkan Potensi Humas dan Bentuk Cyber Army

3 Februari 2023 - 14:47 WIB

Selamat! Versi Webometrics Januari 2023, UIN Bandung Duduki Posisi I PTKIN Terbaik di Indonesia

2 Februari 2023 - 10:01 WIB

Terapkan MBKM, 7 Mahasiswa UIN Batusangkar Ikut Magang di PT. Madani Intelsysdata Jakarta

1 Februari 2023 - 13:45 WIB

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

28 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Trending di News