Rektor UIN Bandung Lepas Kontingen PORSI JAWARA I PTKIN 2023: “Bergerak, Maju, dan Menang!”

oleh

BANDUNG SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung melepas 84 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Pekan Olahraga, Seni, dan Ilmiah Se-Jawa dan Madura (PORSI JAWARA) I PTKIN Tahun 2023 di Gedung Abdjan Soelaeman, Senin (30/10/2023).

Pelaksanaan PORSI JAWARA I PTKIN 2023 berlokasi di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember pada 1 – 5 November 2023 dengan tema “Unity in Diversity” dan terdiri dari 26 cabang lomba.

Turut hadir juga dalam kegiatan pelepasan tersebut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Husnul Qodim, S.Ag., M.A., Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag., Kepala Biro AUPK, Kepala Biro A2KK, Koordinator dan Subkoordinator Bagian Kemahasiswaan, para Dekan dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, beserta para Kepala Regu.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Bandung, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., mengharapkan para kontingen UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk selalu semangat dan bertanding secara sportif pada pelaksanaan PORSI JAWARA I PTKIN 2023. Menurutnya, apapun bentuk usaha mahasiswa nanti tentunya menyumbangkan rasa bangga bagi kampus.

“Saya minta kepada teman-teman, tunjukkan bahwa kalian punya mental-mental jawara! Dan perlihatkan akhlak dan perilaku yang baik, kan visi kampus kita berbasis Akhlakul Karimah. Tunjukkan prestasi kalian yang terbaik, semaksimal mungkin. Mudah-mudahan mendapatkan juara. Yang penting kita berikhtiar, berusaha, dan bekerja keras,” tutur Rektor dalam keterangannya, Selasa (31/10/2023).

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Husnul Qodim, S.Ag., M.A., dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan PORSI JAWARA I PTKIN Tahun 2023 ini bertujuan untuk memacu keterampilan, menyatu dalam sportifitas dan persahabatan antar PTKIN se-Jawa dan Madura.

“Pelaksanaan PORSI JAWARA I PTKIN 2023 menjadi salah satu solusi, upaya berstrategis, dan berkesinambungan. Melalui PORSI JAWARA diharapkan makin suburnya kajian keislaman dan juga kreatifitas olahraga serta seni yang dapat berguna untuk masyarakat. Kemudian pula dalam bidang olahraga dan seni diharapkan dapat memacu civitas akademika untuk menggemari olahraga dan mengembangkan budaya kreasi seni,” ujarnya.

Sebanyak 84 mahasiswa yang mewakili UIN Bandung dalam PORSI JAWARA I PTKIN 2023 tersebut berasal dari Fakultas Ushuluddin 5 orang; Fakultas Syariah dan Hukum 16 orang; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 9 orang; Fakultas Adab dan Humaniora 5 orang; Fakultas Dakwah dan Komunikasi 10 orang; Fakultas Psikologi 2 orang; Fakultas Sains dan Teknologi 2 orang; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 18 orang; serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 17 orang.

Di lain sisi, Widya Anugrah, mahasiswa jurusan Perguruan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mewakili UIN Bandung untuk cabang olahraga catur pada kegiatan PORSI JAWARA I PTKIN 2023 mengungkapkan bahwa ia siap membanggakan UIN Bandung dengan persiapan yang telah dilakukan dari jauh-jauh hari.

“Saya terharu sekaligus bangga akhirnya bisa diberikan sebuah kepercayaan untuk mewakili UIN Bandung dalam cabor catur ini. Sebulan ke belakang kita sering latihan dan analisis strategi catur. Harapannya, semoga saya dan seluruh kontingen bisa memberikan hasil yang terbaik dan berjuang semaksimal mungkin,” pungkasnya.