BANDUNG SENTRA PUBLIKASI INDONESIA
Muhammad Ali Ramdhani, Dirjen Pendis Kementerian Agama RI.
Tajuk kegiatan yang saya hadiri malam ini bersama Direktur Diktis Ahmad Inung, selaras dengan arahan Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas, yang senantiasa mengingatkan agar setiap satuan kerja di Kementerian Agama untuk selalu berikhtiar meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat. Kegiatan yang dibesut oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung di bawah pimpinan Rektor Rosihon Anwar, mengusung tema: “Peningkatan Layanan Prima”.
Layanan prima pada perguruan tinggi (PT), pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pengalaman yang memuaskan bagi para pemangku kepentingan dalam menerima berbagai layanan PT. Layanan prima diwujudkan dengan pemberian layanan dengan kualitas terbaik, yang biasanya diimplementasikan dengan kecepatan, kehandalan, efisiensi, dan kemudahan dalam berinteraksi dengan para penerima layanan.
Untuk mewujudkan layanan prima pada PTKIN, sebagai penopang utamanya dirancang bangunan komitmen bersama, untuk melaksanakan seperangkat norma dan nilai yang ditanam kuat pada pola pikir dan tindak insan-insan civitas akademika.
Pada Kementerian Agama, perangkat norma ini diwujudkan dalam budaya kerja, yang terdiri dari: integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan. Pada momentum ini, saya mendiskusikan perwujudan budaya kerja di PTKIN yang diarahkan pada mengokohkan kualitas layanan, khususnya pada wilayah pelaksanaan tridharma PT.