Menu

Mode Gelap

News · 31 Jul 2022 17:51 WIB

Prodi Manajemen S2 dan S3 UPI Fokus Tingkatkan Kemampuan Publikasi Dosen Pada Jurnal Internasional Bereputasi

Avatar badge-check

Editor


 Prodi Manajemen S2 dan S3 UPI Fokus Tingkatkan Kemampuan Publikasi Dosen Pada Jurnal Internasional Bereputasi Perbesar

SPI-TASIKMALAYA

Program Studi Manajemen Jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3) Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di Tasikmalaya. Kegiatan diselenggarakan secara daring dan luring bekerjasama dengan UPI Kampus Tasikmalaya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dipandu oleh Dr. Maya Sari, SE.MM selaku Ketua Program Studi Manajemen Jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3) Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, narasumber fokus membahas materi dalam meningkatkan kemampuan publikasi dosen pada jurnal internasional bereputasi. Narasumber pengabdian kepada masyarakat yaitu Prof. Dr. Hj. Ratih Hurriyati, M.P yang merupakan Guru Besar FPEB Universitas Pendidikan Indonesia sekaligus Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Sumber Daya Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia serta Prof. Dr. Vanessa Gaffar, SE.Ak. MBA yang merupakan Guru Besar FPEB Universitas Pendidikan Indonesia sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik FPEB Universitas Pendidikan Indonesia.

Prof. Dr. Hj. Ratih Hurriyati, M.P menjelaskan langkah menembus jurnal internasional diantaranya dengan melakukan evaluasi diri naskah, memilih jurnal ilmial internasional bereputasi, swasunting artikel ilmiah, serta publikasi naskah artikel. Langkah pertama melakukan evaluasi diri terhadap naskah. Pada saat akan menulis naskah ilmiah dengan memahami hasil penelitian/telaahan yang akan ditulis, mengetahui besar makna temuan dan capaian substansi kandungannya (originalitas Penelitian) serta yakini besar (delta) sumbangan simpulan artikel hasil penelitian tersebut bagi khazanah ilmu.

Langkah kedua memilih Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi. Pada dosen agar memperhatikan dimana artikel sebaiknya diterbitkan, Kelompok pembaca mana yang Anda tuju, Bidang apa yang akan menambah nilai tambah CV, melihat rangking jurnal yang diinginkan. Salah satunya bisa dilihat di www.scimagojr.com, Perhatikan bahwa satu jurnal bisa memuat artikel dari beberapa bidang. Harus diperhatikan bahwa semakin tinggi rangkingnya biasanya berarti bahwa acceptance ratenya makin rendah.

Langkah ketiga swasunting artikel ilmiah. Langkah ini dengan memahami apa yang akan ditulis pada bagian title, apa yang menjadi focus pada bagian abstract & keywords, apa masalahnya pada bagian introduction, bagaimana cara menyelesaikanya pada bagian methodology (materials & method), apa yang ditemukan pada bagiab results, apa artinya pada bagian discussion & conclussion, siapa yang membantu pada bagian acknowledgments (optional), makalah siapa yang disitasi pada bagian (cited) references serta informasi tambahanappendices (optional). Sedangkan langkah keempat publikasi artikel. Pada pengiriman naskah artikel perlu diperhatikan berbagai hal diantaranya naskah periksa sekali lagi kelengkapan dan kesesuaian dengan format, memeriksa aturan bahasa dan ejaan apakah sudah benar, pengecekan naskah sesuai dengan kebutuhan jurnal, dan memeriksa kelengkapannya.

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, Prof. Dr. Vanessa Gaffar, SE.Ak. MBA menjelaskan bahwa menulis itu penting karena merupakan kemampuan dasar, berkomunikasi dengan pihak lain, untuk menstimulasi perhatian pembaca, merefleksikan pengalaman, mempengaruhi jalan pikiran kita, kewajiban melaksanakan Tridharma Perguruan tinggi bagi dosen, serta persyaratan untuk dapat menyelesaikan studi bagi mahasiswa.

Lebih lanjut menjelaskan bahwa manfaat menulis dapat meningkatkan kreativitas, wadah untuk menuangkan emosi/perasaan, menjadi lebih terorganisir, memperkuat daya ingat, meningkatkan kemampuan dalam berbahasa yang baik, selanjutnya melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif, melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan, meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis, memperoleh kepuasan intelektual.

Prof. Dr. Vanessa Gaffar, SE.Ak. MBA menyampaikan langkah dalam menulis yaitu Pre-Writing, Research, Drafting, Revising, serta Editing and Proofreading. Langkah pertama Pre-Writing dengan Berpikir dan Putuskan. Pada tahapan ini, pastikan memahami tugas yang harus dikerjakan, tentukan topik yang akan ditulis, pertimbangkan siapa yang akan membaca karya anda, serta brainstorming ide tentang topik yang telah dipilih

Langkah kedua Research melakukan Pencarian, dengan menelusuri List seluruh sumber informasi yang relevan, lakukan pencarian, buatlah outline untuk membantu mengelola pencarian anda. Langkah ketiga drafting atau menulis draf naskah dengan mengunakan informasi hasil pencarian anda dengan kata-kata anda sendiri (paraphrase), tulis kalimat dan paragraph walaupun tidak sempurna, baca apa yang telah anda tulis kemudian tentukan apakah sudah sesuai dengan maksudnya, baca lagi, menulis lagi, baca lagi, menulis lagi sampai sudah mencakup apa yang akan anda katakan tentang topik tersebut.

Langkah keempat Revising dengan membuat menjadi lebih baik. Pada langkah ini dengan membaca lagi apa yang telah anda tulis, Rearrange/atur kembali kata-kata, kalimat atau paragraph, kurangi atau tambahkan bagian tertentu, lakukan pencarian tambahan jika dirasa perlu, ganti kata-kata yang sering digunakan atau yang tidak jelas, serta membaca tulisan anda keras-keras untuk memastikan alurnya mengalir dengan teratur. Langkah kelima Editing and Proofreading dengan membuat menjadi Benar. Pada langkah ini dengan memastikan seluruh kalimat lengkap, Perbaiki ejaan, penulisan huruf besar dan kecil, serta kata sambung, Ganti kata-kata yang tidak sesuai atau tidak jelas, Pastikan menggunakan style formatting yang sesuai, seperti APA Formatting, Chicago Style formatting, MLA Formatting serta minta orang lain untuk memeriksa karya anda.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Stafsus Menag: PTKIN Gerakkan Potensi Humas dan Bentuk Cyber Army

3 Februari 2023 - 14:47 WIB

Selamat! Versi Webometrics Januari 2023, UIN Bandung Duduki Posisi I PTKIN Terbaik di Indonesia

2 Februari 2023 - 10:01 WIB

Terapkan MBKM, 7 Mahasiswa UIN Batusangkar Ikut Magang di PT. Madani Intelsysdata Jakarta

1 Februari 2023 - 13:45 WIB

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

28 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Trending di News