Menu

Mode Gelap

Riset & Edukasi · 19 Apr 2022 15:07 WIB

Prodi Ilmu Pemerintahan UMM Peringkat I Kinerja Publikasi Sinta

Avatar badge-check

Editor


 Prodi Ilmu Pemerintahan UMM Peringkat I Kinerja Publikasi Sinta Perbesar

SPI-MALANG-

Program Studi (prodi) Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Malang berhasil meraih peringkat pertama terkait kinerja publikasi untuk kategori strata satu bidang ilmu pemerintahan 2022. Hasil itu didapat berdasarkan pemeringkatan Science and Technology Index (Sinta) yang memberikan nilai tertinggi yakni Score Overall: 3.542 dan SINTA Score 3Yr: 2.441.

Sinta merupakan laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek. Laman ini merekam jumlah publikasi masing-masing institusi. Sementara itu, skor Sinta prodi merupakan hasil dari akumulasi publikasi dan sitasi dosen dan mahasiswa yg terdata pada Scopus, Garuda, Google Scholar, dan WoS.

Ketua Prodi IP UMM, Muhammad Kamil merasa bersyukur atas raihan tersebut. Ia mengapresiasi kerja keras, kerja ikhlas serta kolaboratif antara dosen dan mahasiswa. Ia juga menilai hasil ini merupakan buah dari dorongan dan motivasi prodi IP UMM agar para sivitas akademika memiliki artikel ilmiah yang terpublikasi dan dapat dibaca oleh publik.

Hal serupa juga ditularkan para dosen kepada para mahasiswa melalui artikel luaran mata kuliah yang diarahkan untuk publikasi ilmiah. Hal ini terutama untuk jurnal dan prosiding nasional maupun Internasional. “Adanya kolaborasi dosen dan mahasiswa ini membuat karya artikel ilmiah menjadi lebih terarah dan memiliki kualitas yang baik karena ada pendampingan dari dosen yang disesuaikan dengan core Ilmu Pemerintahan,” kata Kamil, Selasa (18/4/2022)

Untuk meningkatkan minat dan motivasi menulis karya ilmiah, pihaknya juga memberikan penghargaan berupa konversi ke mata kuliah serta skripsi. Terhitung, ada lebih dari 40 artikel jurnal mahasiswa yang sudah dikonversi menjadi skripsi. Jurnal-jurnal terkait tersebar di jurnal nasioanl terakreditasi SINTA 2 dan 3, prosiding terindeks scopus, jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM Profesor Muslimin Machmud mengapresiasi prestasi yang telah dicapai. Ia mendorong prodi-prodi lain untuk mengikuti jejak baik Prodi IP UMM. Hal ini terutama dalam hal kinerja publikasi ilmiah.

Muslimin berharap prodi IP tidak mudah puas dengan raihan tersebut. Prodi diharapkan terus mengembangkan serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan. “Termasuk publikasi ilmiah dan memberikan inovasi-inovasi bermanfaat lainnya,” ucap Muslimin.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Kuatnya Pengaruh Kekerasan Adegan Film dalam Kehidupan Nyata

8 Januari 2023 - 08:47 WIB

Keren! Faiz Affan, Guru MTsN 1 Pati Juara Lomba Video Pembelajaran Digital

1 Januari 2023 - 10:52 WIB

Luar Biasa! Mahasiswa UIN Gus Dur Raih Juara 1 Lomba LKTI Yofest Unida Gontor 2022

29 Desember 2022 - 09:42 WIB

Tingkatkan Publikasi, 4 Jurnal UIN Jakarta Peroleh Akreditasi Baru

28 Desember 2022 - 13:21 WIB

Ibu, Madrasah Pertama dan Era 4.0

22 Desember 2022 - 15:21 WIB

Keren! 2 Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Kompetisi Matematika, Sains, dan Inggris Tingkat Nasional 2022

22 Desember 2022 - 08:54 WIB

Trending di Riset & Edukasi