Menu

Mode Gelap

Agama · 15 Sep 2022 13:28 WIB

Pesan

Avatar badge-check

Editor


 Pesan Perbesar

Radea Juli A Hambali, Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-BANDUNG

Menjadi modern adalah mendaku keyakinan bahwa subjek merupakan sumber kebenaran, katanya. Dalam hikayat pemikiran, keyakinan ini menjadi pemutus antara kenyataan dan kecohan, baik dan buruk, indah dan jelek dan seterusnya.

Tapi hari ini, ketika pesan datang dan pergi di gawai kita. Ketika like dan followers menjadi orientasi eksistensi. Ketika share dan subscribe menjadi cara penahbisan ketenaran bahkan cuan, kehormatan subjek seakan ditelanjangi dan dilengserkan status terhormatnya.

Tampaknya, hari ini yang menjadi pusat kebenaran adalah pesan (message) yang terus bersliweran dalam komunikasi digital. Sungguhpun sebuah pesan bisa menghasilkan ide, tapi manusia hari ini hanya meneruskannya saja dalam sirkulasi komunikasi.

Dalam serbuan pesan yang datang dan pergi tanpa henti, bersama keharusan untuk me-like, menshare atau men-subscribe, berpikir tidak lebih daripada kolase pesan-pesan yang berdiri bimbang antara kenyataan dan fiksi.

Ya, hari ini pesan telah menjadi magnet yang menyedot perhatian manusia. Dalam bujukan pesan, manusia tidak lagi menengadahkan wajah ketika berbicara dengan sesama, sebaliknya menunduk menatap layar gawai. Lalu jari secara otomatis mengklik, hampir tanpa berpikir.

Seperti hari ini, kita menyaksikan kasus semisal tentang seseorang yang katanya intelektual tapi ikut “terlibat” menyebarkan pesan buruk dan menyerang seseorang penyampai nasihat agama yang berasal dari pesantren terkenal. Tanpa berpikir. Tanpa menunda untuk sekedar mencermati apakah pesan itu benar atau tidak.

Homo digitalis adalah manusia yang diatur oleh pesan tapi kehilangan pikiran dan lupa mengambil jarak untuk sekadar berrefleksi.

Allahu a’lam[]

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Tren Hijrah Generasi Milenial Jadi Bahasan Jurnal Maarif Edisi Ke-40

27 Januari 2023 - 10:44 WIB

Latihan Menulis Artikel Ilmiah dan Keberkerjaan Lulusan PT

25 Januari 2023 - 15:04 WIB

4 Isi Deklarasi Damai Umat Beragama

15 Januari 2023 - 14:17 WIB

Akademisi dan Kesombongan

11 Januari 2023 - 16:48 WIB

Dahsyat! Jangan Anggap Enteng Medsos

6 Januari 2023 - 13:30 WIB

Perdana! Kemenag Gelar Perlombaan Barongsai Tradisional

2 Januari 2023 - 23:49 WIB

Trending di Agama