Mahasiswa Wajib Tahu! 5 Situs AI untuk Permudah Tugas Kuliah

oleh

BANDUNG SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Teknologi Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang saat ini menarik perhatian banyak orang. Kehadiran teknologi AI merupakan sebuah terobosan di bidang teknologi pendidikan untuk memudahkan pembelajaran.

Teknologi AI dapat membantu mempermudah tugas kuliah para mahasiswa dengan berbagai macam fitur. Namun, kecerdasan buatan ini tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan tugas para mahasiswa.

Baiknya AI tidak sepenuhnya digunakan untuk menuntaskan tugas, melainkan hanya berperan sebagai alat bantu untuk mempermudah saja. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk tetap melakukan pekerjaan secara mandiri dan memahami materi kuliah dengan baik.

Lantas, situs apa saja yang dapat membantu mempermudah dalam pengerjaan tugas kuliah?

Dilansir dari Jurnalposmedia berikut rangkum dari berbagai sumber:

1. ChatGPT

ChatGPT memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan memberi balasan yang sangat natural yang mirip seperti manusia. Respons yang diberikan pun sangat akurat dengan instruksi yang ditulis oleh penggunanya.

Chatbot ini termasuk ke dalam Large Language Model (LLM), yaitu program komputer yang dapat mengenali, meringkas, menerjemahkan, memprediksi, dan menghasilkan teks. Di antara kegunaannya adalah untuk menjawab pertanyaan sulit, mengerjakan esai dan tugas matematika, serta mengerjakan coding. Tentunya situs ini akan sangat membantu kamu dalam mengerjakan tugas kuliah.

2. Humata AI

Pernah kedapatan tugas harus mengerjakan beberapa soal? Tenang, kini humata.ai hadir untuk membantu tugas berat kamu. Situs ini bisa mencari pertanyaan yang kita inginkan dalam sebuah dokumen seperti buku elektronik atau jurnal ilmiah.

Nantinya akan ditampilkan jawaban lengkap dengan referensi halaman dokumen. Jadi, kamu enggak perlu membaca keseluruhan teks, cukup membaca temuan AI saja untuk menghemat waktu.

3. Tome AI

Pasti pernah dong dapat tugas untuk bikin presentasi? Kalau kamu bingung mau mulai dari mana, tome.app bisa membantu. Situs ini akan menyusun presentasi dari topik yang kita inginkan lengkap dengan materi, teks, dan desain yang proper. Jadi, kalau kalian kehabisan ide, situs ini bisa jadi sumber inspirasi.

4. Noty AI

Kalau kamu pernah dapat tugas membuat verbatim atau transkrip dari sebuah audio, pasti tahu lelahnya mendengar rekaman sekaligus mengetik kata demi kata.

Sekarang sudah enggak perlu bingung dan capek lagi, kini noty.ai hadir untuk membantu mengurangi beban tugas kuliahmu. Hanya perlu unggah audio lalu tunggu AI mentranskripsi sendiri, lalu transkrip pun tersedia untuk kamu.

5. ShortlyAI

ShortlyAI adalah situs untuk membantu tugas menulis esai, artikel, mengarang, atau membuat tulisan lainnya. Kalau kamu enggak punya ide mau menulis atau stuck karena writer’s block, situs ini akan melanjutkan kalimat yang kalian tulis atau memberi sudut pandang baru dari ide kalian. Keren banget, ‘kan?

Nah, itu dia beberapa situs AI yang bisa bantu pengerjaan tugas kuliah kamu. Ingat, sebagai mahasiswa yang baik tetap pakai situs-situs tersebut dengan bijak, ya. Selamat mencoba