Menu

Mode Gelap

News · 1 Jul 2022 13:31 WIB

Luar Biasa, UIN Batusangkar Raih Prestasi Jurnal Kelas Dunia

Avatar badge-check

Editor


 Luar Biasa, UIN Batusangkar Raih Prestasi Jurnal Kelas Dunia Perbesar

SPI-BATUSANGKAR

Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar yang baru beralih status melalui Perpres No 84 Tahun 2022, tanggal 8 juni 2022, tak henti-hentinya memantapkan diri sebagai Kampus Sains Islam, Refleksi Surau Minangkabau yang Integratif dan interkonektif dalam Keilmuan serta Bereputasi Global.

Sekarang giliran Jurnal Ilmiah Syariah (Juris) Fakultas Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar telah terindeks Scopus yang dirilis tanggal 26 Juni 2022.

Juris mempublikasikan artikel hasil penelitian di bidang Syariah. Artikel yang dipublikasikan berupa hasil penelitian dan books review dari akademisi, peneliti dan praktisi di bidang syariah. Dengan demikian, JURIS membatasi scope pada keilmuan Syariah atau Hukum Islam:  Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Islam, Hukum Tata Negara Islam, Hukum Pidana Islam, dan Hukum Islam lainnya.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Marjoni Imamora, mengapresiasi capaian JURIS terindeks Scopus. “Atas nama Rektor, saya mengucapkan terima kasih pada Editor in Chief, Editor, Reviewer serta Tim IT yang sudah bekerja keras untuk menyahuti keinginan bersama civitas akademika UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang merindukan hadirnya Jurnal Internasional bereputasi terindeks scopus,” Ungkap Prof. Marjoni Imamora.

Lebih lanjut Prof. Dr. Marjoni menjelaskan bahwa hal ini juga sejalan dengan program percepatan professor yang menjadi program prioritas rektor periode 2020-2024. “Tersedianya jurnal terindeks scopus menjadi wadah bagi terwujudnya cita-cita besar dosen untuk menjadi Guru Besar.

Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dirjen Pendis, Direktur Diktis, Kasubdit Penelitian atas support dan semangat yang selalu diberikan kepada kita untuk terus meningkatkan kualitas jurnal di PTKIN.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar atas doa dan kekompakan untuk memajukan kampus tercinta. Semoga prestasi ini menjadi pemicu lahirnya jurnal-jurnal lainnya menuju jurnal internasional bereputasi untuk kita persembahkan kepada UIN Mahmud Yunus Batusangkar, khususnya dan kepada PTKIN pada umumnya,” papar Marjoni.

Sementara Editor in Chief JURIS, Zainuddin, mengatakan bahwa JURIS telah diterbitkan sejak 2002 oleh STAIN Batusangkar, dan tahun 2017 mengajukan akreditasi dengan perolehan peringkat Sinta 4. Pada tahun 2021, JURIS memperoleh peringkat Sinta 2. Sembari menunggu hasil akreditasi Sinta 2 dan menyahuti salah satu dari lima arah kebijakan rektor, yaitu tersedianya jurnal bereputasi Internasional, Tim Pengelola mengajukan JURIS ke Scopus yang disubmit pada Maret 2022 .

Lebih lanjut Zainuddin, mengatakan bahwa terindeksnya JURIS di Scopus merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Pengelola JURIS, Fakultas Syariah, dan UIN Mahmud Yunus Batusangkar, sekaligus menjadi kado terindah yang dipersembahkan untuk UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang baru beralih status

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

27 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Jurnal Prisma: Soedjatmoko Pemikir, Intelektual Bangsa yang Kritis

20 Januari 2023 - 14:26 WIB

Selamat! 5 Dosen Ushuluddin UIN Bandung Jadi Guru Besar

16 Januari 2023 - 11:57 WIB

Tahap Awal 4 Kampus, Kemenag Jajaki Kerjasama dengan Universiti Utara Malaysia

14 Januari 2023 - 23:30 WIB

Trending di News