Luar Biasa! Dosen UIN Jambi Jadi Pemateri di Michigan State University dan Notre Dame University

oleh

AMERIKA SERIKAT-SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Dahsat Dua dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi memenuhi undangan dari Michigan State University (MSU), Amerika Serikat. Kedua dosen tersebut adalah Mufdil Tuhri, M.A. dan Perdana Aysha Puteri, M.A.

Dosen dari program studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN STS Jambi ini hadir di Michigan untuk menghadiri beberapa rangkaian kegiatan bersama MSU sebagai bagian dari projek mengenai Science, Art and Faith: Architectural Heritage and Islam. Proyek ini adalah adalah kolaborasi antara the Muslim Studies Program, James Madison College and Global Studies in the Arts dan Humanities Program at Michigan State University yang pendanaannya didukung dari the Templeton Religion Trust.

Di antara kegiatan yang telah berlangsung adalah symposium tentang “The Islamic Architecture in Indonesia” yang bertempat di International Center, MSU. Dalam symposium ini, Perdana Aysha Puteri mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Mosque and Women in Kerinci: A Place for Maintaining Kinship Lineages”. Sedangkan Mufdil Tuhri mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Seeing Islam through Mosque: How Traditional Muslims express their Adat and Islam in the Islamic Architecture”.

Kedua dosen tersebut juga akan mengikuti beberapa agenda kunjungan lainnya antara lain presentasi di Notre Dame University dan pertemuan di Islamic center bersama kemunitas Muslim di East Lansing, Michigan.

Semula, pada rangkaian kegiatan ini Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. Su’aidi, MA., PhD juga sudah dijadwalkan untuk menjadi pembicara di tiga forum yaitu Asian Studies, Muslim Studies, dan PERMIAS Pada kegiatan yang sama juga sudah dijadwalkan kegiatan bagi Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Rofiqoh Ferawati dan Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Bahrul Ulum serta salah seorang Pejabat Kementerian Agama RI. “Namun karena keterlambatan proses pengurusan Visa maka kegiatan bagi masing-masing pejabat ini sudah direchedule dalam waktu tidak terlalu lama ke depan,” ujarnya dikutip dari Kemenag, Senin (1/5/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian kerjama Internasional antara UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan MSU yang telah berjalan lebih dari dua tahun. Kerjasama yang telah dilaksanakan seperti: monthly webinar, international conferneces, International symposium on Islamic Architecture yang baru saja dilaksanakan di UIN Jambi, serta kelas internasional COIL (Collaborative Learning Online Project).

Dalam waktu dekat, Kementrian Agama dan UIN STS Jambi akan kembali diundang untuk menjadi pemateri pada kegiatan Workshop di Michigan State University. Kegiatan workshop tersebut juga akan dirangkai dengan kegiatan lain seperti Penandatanganan MOU, benchmarking, dan focus group discussion untuk membahas potensi kerjasama yang lebih besar dan luas.

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. Su’adi, MA., Ph.D menyambut baik kerjasama yang konsisten berjalan selama hampir tiga tahun terakhir ini. “Ini membuktikan bahwa UIN STS Jambi sudah selevel dengan kampus-kampus besar dunia, terbukti Michigan State Univeristy, salah satu kampus terbaik dunia sangat terkesan dengan kerjasama yang kita jalin.” Lebih lanjut ia berpesan agar dosen dan civitas akademika UIN STS Jambi dapat terus berinovasi dan berkontribusi dalam kerjasama baik dalam bentuk pengajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.