Learning Loss Pendidikan Agama Islam

oleh

BANDUNG SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Learning loss adalah kondisi yang tidak diinginkan dalam dunia pendidikan, termasuk pada pendidikan Agama Islam (PAI) di madrasah. Namun faktanya, kondisi learning loss telah terjadi di berbagai mata pelajaran, seperti sains, literasi, dan numerasi. Khususnya pada masa pandemi COVID-19, learning loss terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

 

Kondisi learning loss selama masa pandemic COVID-19 yang mengharuskan siswa belajar dari rumah tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mata pelajaran PAI. PAI yang tidak hanya transfer of knowledge, tetapi juga transfer of attitude dan karakter adalah mata pelajaran dasar yang harus dimiliki siswa madrasah, sehingga kondisi learning loss ini perlu diwaspadai.

 

Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan motivasi menjawab kekhawatiran terjadinya penurunan tingkat belajar dan pemahaman siswa madrasah selama masa pandemic COVID-19 atau yang biasa disebut dengan kondisi learning loss, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

 

Terbukti dari beberapa penelitian sebelumnya telah ditemukan terjadi kondisi learning loss di mata pelajaran sains, literasi, dan numerasi. Kondisi learning loss yang dapat terjadi pada mata pelajaran PAI perlu diwaspadai bersama.

 

Karena, pada mata pelajaran PAI tidak hanya transfer of knowledge, tetapi yang tidak kalah penting adalah transfer of attitude and value.Nilai-nilai dasar agama sangat penting ditanamkan dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi learning loss yang mungkin terjadi pada mata pelajaran PAI di mdrasah, mulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tzanawiyah (MTs),dan Madrasah Aliyah (MA).

 

Dengan menggunakan pendekatan sains data, penelitianini juga membangun model deteksi learningloss yang dapat digunakan sebagai warning system bagi siswa yang mengalami learning loss, sehingga dapat ditanggulangi dengan mitigasi yang tepat.

 

Judul: Learning Loss Pendidikan Agama Islam
Penulis : Dr. Rohmat Mulyana Sapdi, M.Pd., Dian Sa’adillah Maylawati, Ph.D., Diena Rauda Ramdania, MT, M.Eng., Ichsan Budiman, MT., Muhammad Insan Al-Amin, MT
Penyunting: Widodo Dwi Ismail Azis W
Penerbit : Sentra Publikasi Indonesia
Cetakan pertama, Januari 2023