Menu

Mode Gelap

Tekno & Sains · 9 Mar 2022 14:47 WIB

La Nora, Teknologi Kincir Air Karya Ilmuwan Muslim

Avatar badge-check

Editor


 La Nora, Teknologi Kincir Air Karya Ilmuwan Muslim Perbesar

(JAKARTA-SPI).

Pemanfaatan sumber daya air telah lama ada. Air tak hanya memenuhi kebutuhan minum, tetapi juga memebuhi kebutuhan pertanian dan produksi. Ini kemudian melahirkan beragam teknologi, seperti teknologi roda air, kincir air, hingga mesin pompa air.

Teknologi roda air digunakan secara luas di Timur Tengah sebelum masa Islam. Ini merupakan warisan lama yang kemudian diadopsi oleh ilmuwan Muslim. Mereka kemudian mengembangkan lebih jauh teknologi yang sudah ada dan digunakan secara luas di wilayah Islam.

Di Kota Murcia, misalnya, selama pemerintahan Islam di Spanyol, dibuat sebuah kincir air yang masih dikenal hingga sekarang dengan nama La Nora. Meskipun roda kincir air tersebut diganti dengan roda baja, sistemnya tetap digunakan.
Mekanisme flywheel (roda gaya) yang digunakan untuk melancarkan penyaluran tenaga dari alat ke mesin penggerak pada kincir air tersebut diciptakan oleh Ibnu Bassal, ilmuwan dari Andalus, yang hidup antara tahun 1038 hingga 1075.

Bassal juga dikenal sebagai ilmuwan yang merintis penggunaan flywheel. Kincir air ini kemudian mulai digunakan secara luas pada abad ketujuh. Bahkan, teknologinya berkembang pada abad kesembilan, yaitu penggunaan roda horizontal dan vertikal.

Teknologi kincir air ini dimanfaatkan pula secara masif dalam sejumlah industri yang berkembang di dunia Islam. Kincir air di antaranya digunakan di pabrik pengolahan kayu, kertas, baja, atau gula.
Pada abad kesebelas, setiap provinsi di kawasan Islam juga memanfaatkan teknologi tersebut pada industri yang sama. Ini terbentang dari Andalusia dan Afrika hingga Timur Tengah dan Asia Tengah. Selain itu, para insinyur Muslim juga menggunakan turbin dan roda gigi pada kincir air dan mesin pompa air.

Mereka pun memanfaatkan bendungan sebagai sumber air untuk memberikan tambahan kekuatan pada kincir air yang mereka buat. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan penggunaan kincir air, kemudian muncul industri kincir air.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Keren! MAN 1 Lahat Borong Juara di Ajang English Speech Tingkat Sumsel

31 Januari 2023 - 23:32 WIB

Reject Bighairi Hisab: Penolakan Pengusulan Akreditasi Tanpa Dinilai

26 Januari 2023 - 08:30 WIB

Eksperimen Mobil Elektrik bagi Anak Ala Planet Sains ITB

18 Januari 2023 - 23:42 WIB

UIN Bandung – Dandim 0624 Jalin Kerjasama Penelitian soal Teknologi Inovasi Ketahanan Pangan

17 Januari 2023 - 15:35 WIB

6 Rekomendasi Situs Jurnal Internasional yang Sering Digunakan, Ini Daftarnya!

3 Januari 2023 - 13:00 WIB

Padukan Sains dan Fantasi, 3 Film Fiksi Ilmiah Terbaik

24 Desember 2022 - 08:27 WIB

Trending di Tekno & Sains