Keren! UIN Bandung Masuk ke Dalam 50 Kampus Terbaik di Indonesia. No Wahid di PTKIN Versi Scimago 2024

oleh

UINSGD.AC.ID (Kampus I) — UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah meraih prestasi gemilang dengan masuk ke dalam 50 kampus terbaik di Indonesia menurut Scimago Institution Ranking. Peringkat yang berhasil diraih oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah peringkat ke-33 dan ke-1 untuk lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Scimago Institution Ranking, yang dikembangkan oleh Scimago Lab dengan sumber data dari Scopus, mempertimbangkan Kategori penilaian utama terbagi menjadi tiga, yaitu Research, Innovation, dan Societal.

Research, yang mendapatkan bobot sebesar 50%, menjadi tonggak utama dalam evaluasi tersebut. Di dalamnya termasuk berbagai faktor krusial seperti dampak penelitian yang dihasilkan, keunggulan kepemimpinan, jumlah dan kualitas output penelitian, sejauh mana kampus tersebut berkolaborasi secara internasional, serta dampak teknologi yang dihasilkan.

Melalui kategori ini, bisa terlihat seberapa besar kontribusi sebuah kampus dalam mengembangkan pengetahuan baru, memimpin di bidang akademik tertentu, dan membangun jaringan kerjasama yang produktif di tingkat global.

Sementara itu, Innovation, yang memiliki bobot 30%, menyoroti kemampuan institusi dalam menciptakan pengetahuan baru yang inovatif, keberhasilan dalam memperoleh paten, serta dampak teknologi dari penelitian yang dilakukan. Dari sini, terlihat sejauh mana sebuah kampus mampu menjadi motor penggerak dalam pengembangan teknologi baru dan inovasi di berbagai bidang.

Di sisi lain, Societal, yang diberi bobot 20%, mempertimbangkan dampak yang dirasakan oleh masyarakat luas dari keberadaan kampus tersebut. Pengukuran meliputi beragam indikator seperti altmetrics, ukuran web, otoritas dalam penelitian, kontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals), kontribusi perempuan dalam penelitian ilmiah, dan pengaruhnya dalam kebijakan publik. Dengan demikian, kategori ini mencerminkan bagaimana sebuah kampus mampu memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Atas capaian prestasi yang membanggakan kampus tercinta ini, Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., menyampaikan, “Kami sangat bangga dengan pencapaian ini. Hal ini menunjukkan dedikasi dan komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kami akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa, dosen, dan masyarakat,” tegas Rosihon dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).

Pada kesempatan yang sama, Hamdan Sugilar, selaku pejabat penanggungjawab Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung didampingi oleh Busro, menambahkan, “Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah guna memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, pencapaian ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus berprestasi dan memberikan yang terbaik dalam dunia pendidikan dan penelitian di Indonesia.