Keren! Siswa MTSN 1 Pekanbaru Sabet Medali Emas dan Perak di Ajang KOSSMI 2023

oleh

RIAU SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Prestasi nasional berhasil diukir Abiyyu Hadziq Al Hafizh dan Tanaya Endah Laksmiwati, dua siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pekanbaru, Riau. Keduanya berhasil menjuarai Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) Tingkat Nasional Tahun 2023.

Dalam kompetisi yang berlangsung di Universitas Indonesia, Depok ini, Abiyyu berhasil meraih medali emas dengan predikat skor tertinggi cabang IPS. Sementara Tenaya berhasil memboyong medali perak pada cabang IPA.

“Alhamdulillah, dari tiga orang utusan kita yang mewakili Riau, dua siswa berhasil meraih medali emas dan perak setelah bersaing ketat dengan ratusan peserta lain dari seluruh Indonesia,”ungkap Kepala MTsN 1 Pekanbaru Irwan Efendi, Rabu (24/5/2023).

Para siswa MTsN 1 Pekanbaru ini, memang harus bersaing dengan siswa dari seluruh Indonesia. Mereka berasal dari madrasah, pesantren, sekolah umum, bahkan siswa homeschooling.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras ananda, guru pembimbing, support orang tua dan doa masyarakat Riau,” jelas Irwan.

Ia menambahkan KOSSMI Tahun 2023 diselenggarakan pada 19-21 Mei 2023 di Universitas Indonesia, bekerjasama dengan Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS).

Kompetisi ini lanjutnya bertujuan untuk menyediakan ruang bagi siswa muslim untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains IPS, IPA dan matematika.

Raihan dua medali yang diraih siswa MTsN 1 Kota Pekanbaru ini juga mendapat apresiasi dari Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin.

“Selamat kepada ananda Abiyyu Hadziq Al Hafizh yang berhasil meraih Medali Emas dan Tanaya Endah Laksmiwati meraih medali perak pada cabang IPA KOSSMI Nasional di Universitas Indonesia, ” ujar Mahyudin.

” Ini membuktikan, kemajuan anak- anak madrasah khususnya di Riau sangat luar biasa karena telah mampu mengharumkan nama Riau di kanca Nasional. Pertahankan dan terus tingkatkan prestasi untuk jadi lebih baik,” sambungnya bangga.

Sementara itu Sekretaris Menteri Agama RI H.M. Sidik Sisdiyanto, saat penutupan kegiatan KOSSMI 2023 menyampaikan selamat atas capaian prestasi yang diraih.

“Selamat atas keberhasilan Ananda, semoga dengan prestasi yang telah diraih dapat menginspirasi siswa-siswa yang lain untuk mengembangkan potensi diri yang ada dan dapat meraih prestasi hebat lainnya,” kata Sidik