Keren! Siswa MAN 2 Pontianak Sabet Bronze Medal KOSSMI Nasional di UGM Yogyakarta

oleh

KALBAR SENTRA PUBLIKASI INDONESIA — Dua siswa MAN 2 Pontianak kembali raih prestasi tingkat nasional. Zayyan Nahrul Ilmi (Kelas XII IPA 3) dan Nurfahmi Qalam Haqiqi (Kelas XI) meraih bronze medal pada Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI).

KOSSMI berlangsung secara off line di Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Kompetisi tahap final yang diikuti mulai jenjang SD/MI hingga SMA/MA ini dipusatkan di Gedung Fakultas MIPA UGM Jalan Geografi Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Zayyan, biasa dipanggil mengikuti KOSSMI Level 4 (SMA/MA) cabang Matematika, sedangkan Qalam berlaga dicabang lomba Kimia. “Syukur Alhamdulillah, ini sebagai tahun terakhir saya mengikuti kompetisi KOSSMI ini dan berhasil mengharumkan nama MAN 2 Pontianak,” kata Zayyan, dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

“Mohon doa juga semoga Saya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi,” sambung Zayyan yang merupakan putra dari Maswadi, dosen UNTAN Pontianak.

Zayyan berharap bisa melanjutkan pendidikannya ke Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Institut Pertanian Bogor (IPB).

Qalam juga merasa bersyukur bisa mengikuti ajang kompetisi tahunan ini. Selain menambah pengalaman, juga bisa mendapatkan rekan-rekan pelajar dari berbagai daerah dalam bidang Kimia.

Di bawah bimbingan guru Matematika, Husni dan guru Kimia, Munifah dan Hilma Sari, keduanya selama dua hari mengikuti kegiatan di Yogyakarta. Zayyan, yang saat ini tercatat sebagai siswa kelas terakhir dikenal sebagai siswa berprestasi, khususnya bidang akademik untuk mata lomba matematika.

Berbagai kompetisi pernah diikutinya, untuk KOSSMI sejak tahun ketiga ini, dua kali pernah mengantarkannya untuk kejuaraan yang sama, KOSSMI yang pertama sebagai finalis matematika di Universitas Islam al Azhar (2022) dan sekarang (2024) sebagai peraih bronze medal untuk cabang Matematika.

Pengumuman pemenang dan sekaligus penutupan dilaksanakan di auditorium Lantai 7 FMIPA UGM Yogyakarta. Bersama Zayyan, lima peraih Bronze Medal adalah utusan SMA Islam Az Azhar 1, MAN 2 Kota Malang, MAS al Hikmah 2, dan MAS Abadiyah Pati. Kepada masing-masing pemenang mendapatkan sertifikat dan medali yang diserahkan langsung oleh Presiden dan Inisiator KOSSMI, Munasprianto Ramli, Ph. D.

Terpisah, Kakanwil Kemenag Kalbar Muhajirin Yanis mengucap syukur dan memberikan apresiasi atas capaian siswa madrasah MAN 2 Pontianak tersebut. “Alhamdulillah. Kami bersyukur dan memberikan apresiasi atas capaian peserta didik madrasah di Kalbar, khususnya pelajar MAN 2 Pontianak yang menorehkan prestasi tingkat nasional. Semoga prestasi yang diraih ini, menginspirasi pelajar madrasah lainnya untuk terus belajar dengan tekun dan berlomba-lomba memeroleh prestasi yang mengharumkan madrasah di Kalbar,” tegas Muhajirin Yanis.