Menu

Mode Gelap

News · 21 Feb 2022 20:32 WIB

Kelas Menulis Undangan Penelitian Flexing Menurut Hadis

Avatar badge-check

Editor


 Kelas Menulis Undangan Penelitian Flexing Menurut Hadis Perbesar

(BANDUNG-SPI)- Wahyudin Darmalaksana, Pengurus Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia dan Pegiat Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengundang akademisi untuk melakukan penelitian bersama terhadap flexing menurut hadis.

Flexing atau pamer kekayaan di media mainstream menjadi tontonan keseharian sekarang ini. Hadis yang merupakan sabda-sabda Nabi Saw. tegas melarang pamer kekayaan. Larangan ini tidak cukup menggunakan perspektif fiqih untuk dijadikan kaca mata. Tapi dibutuhkan sudut pandang holistik.

Saat ini, dunia seperti terbalik. Orang kaya di masa lalu itu silent. Tapi di era cyber ini terdengar “berisik.” Misalnya, fenomena “carzy rich.” Dampaknya tidak sederhana. Contohnya, ada seorang remaja menulis status di media sosial “Ya Allah gue pengen kaya!

Hadis Nabi Saw tentang larangan pamer kekayaan menarik disingkapkan makna terdalamnya. Ini tidak cukup takhrij (mengeluarkan hadis dari kitab hadis untuk diteliti otentisitasnya). Lebih dari itu, tinjauan sebab wurud (konteks situasi mengapa Nabi Saw. menyabdakan sesuatu) perlu dilakukan.

Setelah ditemukan sebab wurud hadis lalu ditranformasi ke “era post-truth” (era pasca-kebenaran). Suatu situasi di mana fakta objektif kalah berpengaruh dibanding emosi atau keyakinan seseorang.

Jadi bukan penelitian hadis Nabi Saw. yang telah jelas melarang pamer kekayaan. Tentu, topik itu tidak menarik. Hal yang mungkin menarik adalah bagaimana teks hadis menyingkap “kebohongan” narasi Flexing.

 

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

27 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Jurnal Prisma: Soedjatmoko Pemikir, Intelektual Bangsa yang Kritis

20 Januari 2023 - 14:26 WIB

Selamat! 5 Dosen Ushuluddin UIN Bandung Jadi Guru Besar

16 Januari 2023 - 11:57 WIB

Tahap Awal 4 Kampus, Kemenag Jajaki Kerjasama dengan Universiti Utara Malaysia

14 Januari 2023 - 23:30 WIB

Trending di News