Menu

Mode Gelap

News · 20 Jan 2023 14:26 WIB

Jurnal Prisma: Soedjatmoko Pemikir, Intelektual Bangsa yang Kritis

Avatar badge-check

Editor


 Jurnal Prisma: Soedjatmoko Pemikir, Intelektual Bangsa yang Kritis Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-JAKARTA

Redaktur Jurnal Prisma, Rahadi Teguh Wiratama mengatakan bahwa Diplomat sekaligus Politikus Soedjatmoko adalah seorang intelektual dengan pemikiran kritis yang menunjang pembangunan Indonesia sejak zaman kemerdekaan.

“Kalau kita melihat sosok Soedjatmoko, beliau adalah satu dari sekian banyak intelektual yang cukup menonjol di Indonesia pada zamannya,” kata Rahadi dalam Peluncuran Prisma Seratus Tahun Soedjatmoko dilansir Antara, Jumat (20/1/2023)

Rahadi menuturkan bahwa sudah sedari dulu, berbagai buku atau tulisan yang memuat pemikiran Soedjatmoko dijadikan sebagai salah satu kebutuhan dalam meningkatkan pengetahuan bangsa. Misalnya, Dimensi Manusia dan Pembangunan atau bukunya yang berjudul Pembangunan dan Kebebasan.

“Pada tahun itu Soedjatmoko sudah mencanangkan paradigma kebebasan dan kemanusiaan dalam pembangunan di era ketika otorisme orde baru menguat dan secara tidak langsung itu menggambarkan bahwa pandangannya kritis, termasuk pada pemerintah orde baru,” katanya.

Pria yang akrab disapa Bung Koko pada masa 1973, diketahui sudah mengkritik akses-akses pembangunan ekonomi khususnya pertumbuhan ekonomi yang berbasis material. Pada saat orde baru mencanangkan pembangunan bertumpu pada ekonomi semata.

Sebagai intelektual sejati, tiap pemikiran Soedjatmoko secara kritis dianggap memberikan solusi serta masih relevan, dengan kondisi pembangunan bangsa saat ini beserta tiap permasalahan yang ada di dalamnya.

Sebagai bentuk penghormatan dan kekagumannya pada Soedjatmoko, pihaknya telah merilis sebuah buku bertajuk “Peluncuran Prisma: Seratus Tahun Soedjatmoko”, yang dapat dipesan sebelum tanggal 31 Januari 2023.

Buku tersebut memuat sejumlah topik menarik terkait Soedjatmoko dalam beberapa bagian, yakni Sodjatmoko: Filsuf, Humanis, dan Spiritualis, Diplomat Cendekiawan, Polemik Soedjatmoko versus Boejoeng Saleh: Krisis yang Berlanjut hingga sebuah tesis mengenai Sosialisme-Demokrastis dan Pembangunan: Pemikiran Kaum Intelektual Partai Sosialis Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Selamat! Versi Webometrics Januari 2023, UIN Bandung Duduki Posisi I PTKIN Terbaik di Indonesia

2 Februari 2023 - 10:01 WIB

Terapkan MBKM, 7 Mahasiswa UIN Batusangkar Ikut Magang di PT. Madani Intelsysdata Jakarta

1 Februari 2023 - 13:45 WIB

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

28 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Selamat! 5 Dosen Ushuluddin UIN Bandung Jadi Guru Besar

16 Januari 2023 - 11:57 WIB

Trending di News