Menu

Mode Gelap

News · 19 Jun 2022 14:40 WIB

IPB Dorong 5 Jurnal Segera Terindeks Scopus

Avatar badge-check

Editor


 IPB Dorong 5 Jurnal Segera Terindeks Scopus Perbesar

SPI-JAKARTA
Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB University terus mendorong peningkatan kualitas jurnal agar lebih banyak lagi jurnal IPB terindeks Scopus. Salah satu bentuk upaya ialah menyelenggarakan pendampingan internasionalisasi jurnal.

Tahun ini, lima jurnal didampingi untuk proses persiapan menuju indeksasi Scopus. Kelima jurnal tersebut, ialah Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Jurnal Teknologi Industri Pertanian, dan Jurnal Manajemen Agribisnis.

Asisten Direktur Bidang Publikasi Ilmiah DPIS IPB University Fitriya Nur Annisa Dewi berharap pendampingan membuat jurnal yang dinilai cukup siap menuju internasionalisasi dapat mengoptimalkan pengelolaan dan program-program yang dimiliki. Hal itu agar lebih siap mengajukan indeksasi Scopus.

“Pendamping akan mengkaji poin-poin yang masih perlu dioptimalkan untuk memastikan setiap jurnal siap menuju indeksasi Scopus,” kata Fitriya dalam keterangan tertulis, Selasa, 14 Juni 2022.

Dia menuturkan proses bedah jurnal secara daring dipandu oleh narasumber pendamping dan dihadiri Chief Editor, perwakilan anggota tim Editor serta tim teknis pengelola masing-masing jurnal. Pada 24 Mei 2022 telah dilaksanakan pendampingan Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management) oleh Chief Editor Jurnal Manajemen Hutan Tropika Efi Yuliati Yovi dan Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia anggota Komite Publikasi IPB University Berry Juliandi.

Sementara itu, pada 25 Mei 2022 dilaksanakan pendampingan terhadap Jurnal Teknologi dan Industri Pangan oleh Chief Editor Tropical Animal Science Journal I Komang Gede Wiryawan. Lalu pada 26 Mei 2022 pendampingan terhadap Jurnal Teknologi Industri Pertanian dan Jurnal Manajemen Agribisnis oleh Chief Editor Hayati Journal of Biosciences Iman Rusmana.

“Selain memfasilitasi bedah jurnal dan pendampingan intensif oleh narasumber pendamping, juga disediakan beberapa bantuan lain untuk menunjang persiapan menuju kesiapan proses indeksasi, di antaranya adalah bantuan dana, optimalisasi tampilan situs, serta layanan lainnya yang difasilitasi oleh Rumah Publikasi IPB,” papar dia.

Saat ini, sebanyak 51 jurnal ilmiah IPB University telah terakreditasi Nasional/SINTA. Sementara itu, tiga jurnal internasional IPB University telah terindeks Scopus.

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

27 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Jurnal Prisma: Soedjatmoko Pemikir, Intelektual Bangsa yang Kritis

20 Januari 2023 - 14:26 WIB

Selamat! 5 Dosen Ushuluddin UIN Bandung Jadi Guru Besar

16 Januari 2023 - 11:57 WIB

Tahap Awal 4 Kampus, Kemenag Jajaki Kerjasama dengan Universiti Utara Malaysia

14 Januari 2023 - 23:30 WIB

Trending di News