Inilah Strategi Efektif untuk Publikasi Jurnal Bereputasi Internasional Ala UNS

oleh

SURAKARTA SENTRA PUBLIKASI INDONESIA — Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan workshop Strategi yang Efektif untuk Publikasi Artikel Ilmiah dan Skripsi di Jurnal yang Bereputasi Internasional. Workshop ini dilaksanakan secara luring di Aula Lantai 3 Gedung G FKIP UNS dan secara daring melalui Zoom Meeting pada Rabu (21/2/2024).

Kegiatan workshop ini merupakan workshop lanjutan dari Prodi Pendidikan Geografi yang telah dilaksanakan pada Selasa (20/2/2024) dengan tema literasi digital. Masih berkaitan dengan tema pada workshop hari pertama, pada workshop hari kedua ini dikupas tuntas terkait strategi publikasi pada jurnal bereputasi internasional, khususnya pada Scopus.

Kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber yang berfokus pada jurnal Indonesia terindeks Scopus, yakni Dr. Jumintono SJS, M.Pd. Ia merupakan CEO Rumah Scopus Indonesia. Dalam pemaparan materi, ia tidak hanya menyampaikan strategi dalam publikasi, tetapi juga disampaikan strategi dalam penulisan paper yang nantinya dapat lolos publikasi pada jurnal terindeks Scopus.

Publikasi jurnal Scopus memiliki banyak manfaat karena Scopus sendiri menampilkan alat-alat pintar untuk melacak, menganalisis, dan mengvisualisasikan penelitian. Dr. Jumintono, menjelaskan bahwa dalam penulisan paper memerlukan unsur-unsur yang cepat dan tepat. Ia memaparkan bahwa dalam membuat paper terdapat proporsi komponen yang perlu diperhatikan antara penggunaan teknologi dengan pemikiran sendiri.

“Dalam membuat paper, agar lebih cepat gunakan aplikasi digital. Proporsinya 60% dengan aplikasi digital dan 40% dengan penyampaian gagasan sendiri melalui kerja cerdas. Aplikasi digital ini harus dimanfaatkan dalam mencari referensi dan membuat paper secara cepat,” ujar Dr. Jumintono dalam keterangannya, Kamis (22/2/2024).

Dr. Jumintono memaparkan secara lebih lanjut terkait kerja cepat dan cerdas yang ia maksud pada penulisan paper dalam beberapa langkah penulisan paper. Ia menyampaikan 10 langkah penulisan paper yang penting diperhatikan oleh peneliti di Indonesia. Hal tersebut dimaksudkan agar jumlah penelitian di Indonesia yang terindeks Scopus dapat naik karena masih sedikitnya paper dari peneliti Indonesia yang sudah terindeks Scopus.

Menurut Dr. Jumintono, hal terpenting dalam penulisan paper yang perlu diperhatikan adalah pemilihan judul penelitian. Judul paper perlu mencerminkan kontribusi dan mampu menjual paper yang telah dibuat. Dalam workshop ini, Dr. Jumintono memberikan gambaran penelitian dan judul yang dapat dibuat oleh mahasiswa.

“Membuat paper berindeks Scopus itu harus menggunakan ilmu marketing. Artinya semua barang bisa dijual, semua topik riset dapat diangkat dalam paper Scopus. Tetapi topik jangan terlalu luas. Riset silakan dibuat rumit, pengolahan paper juga silakan rumit, tetapi yang judul yang dijual harus simpel,” ungkap Dr. Jumintono.

Selain memaparkan terkait judul, Dr. Jumintono juga memaparkan langkah-langkah pembuatan paper sesuai dengan strukturnya. Dijelaskan secara lebih lanjut terkait penulisan pendahuluan, metode, serta hasil diskusi dan kesimpulan penelitian. Pada akhir sesi materi, workshop ditutup dengan cara menakar kualitas paper yang telah dibuat oleh mahasiswa.