Menu

Mode Gelap

Riset & Edukasi · 24 Mei 2022 12:02 WIB

Inilah Jurnal Keperawatan Soedirman Terindeks Scopus

Avatar badge-check

Editor


 Inilah Jurnal Keperawatan Soedirman Terindeks Scopus Perbesar

SPI-PURWOKERTO

Jurnal Keperawatan Soedirman (JKS) yang didirikan dan dikembangkan oleh tim jurnal Jurusan Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto sejak tahun 2006 terus berkembang serta berhasil terindeks di Scopus.

Ketua Dewan Editor Jurnal Keperawatan Soedirman Ns. Mekar Dwi Anggraeni, M.Kep., Ph.D. mengatakan JKS merupakan jurnal peer review dan open access yang mempublikasikan karya ilmiah bidang ilmu keperawatan dan kesehatan (pISSN: 1907-6673, e-ISSN: 2579-9320).

Menurut dia, JKS mencakup seluruh bidang keperawatan meliputi Keperawatan Dasar, Keperawatan Manajemen, Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Anak, Keperawatan Gerontik, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Keluarga, Pendidikan Keperawatan, dan Keperawatan Komplementer.

“JKS terbit tiga nomor dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November. Saat ini JKS sudah memiliki H-Index 22 dengan total 2173 sitasi,” katanya.

Ia mengatakan JKS mengajukan akreditasi jurnal nasional pada tahun 2018 dan dinyatakan terakreditasi peringkat 2 untuk artikel yang diterbitkan pada tahun 2016 sampai 2020.

Selanjutnya, JKS mengajukan re-akreditasi pada tahun 2020 dan kembali mendapatkan akreditasi peringkat 2 yang berlaku sampai dengan tahun 2025.

“JKS mengajukan untuk indeksasi pada pengindeks internasional bereputasi (Scopus) pada tanggal 2 Januari 2022 dan JKS dinyatakan diterima untuk indeksasi pada pengindeks internasional bereputasi (Scopus) pada 3 Mei 2022,” katanya menjelaskan.

Mekar mengatakan pengelolaan JKS dibantu oleh Wahyudi Mulyaningrat (Unsoed) sebagai copyeditor dan Galih Noor ALivian (Unsoed) sebagai website administrator.

Artikel yang terbit di JKS direviu oleh para pereviu yang berkompeten di bidangnya sejumlah lebih dari 30 pereviu. JKS akan terus berkembang menjadi lebih baik untuk membantu peneliti dalam mempublikasikan hasil penelitian dan menjadi referensi yang terpercaya bagi peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang keperawatan.

Sementara Dewan Editor JKS yang diketuai oleh Ns. Mekar Dwi Anggraeni, M.Kep., Ph.D. selaku Editor in Chief melibatkan tim editor dari dalam maupun luar negeri, yaitu Prof. Lisa McKenna (La Trobe University, Australia), Assoc. Prof. Waraporn Kongsuwan (Prince of Songkla University, Thailand), Prof. Dr. Rozzano Locsin (College of Nursing, Florida Atlantic University, United States).

Selain itu, Assoc. Prof. Dr. Nien-Tzu Chang (National Yang-Ming University, Taiwan, Republic of China), Rian Adi Pamungkas, Ph.D (Universitas Esa Unggul), Rahmi Setiyani (Unsoed), Ichsan Rizany (Universitas Lambung Mangkurat), Nina Setiawati, (Unsoed), Arif Imam Hidayat (Unsoed), Dayan Hisni (Universitas Nasional), Lutfatul Latifah (Unsoed), Eni Rahmawati, (Unsoed), dan Nurhayati (Universitas Muhammadiyah Bengkulu).

Artikel ini telah dibaca 105 kali

Baca Lainnya

Kuatnya Pengaruh Kekerasan Adegan Film dalam Kehidupan Nyata

8 Januari 2023 - 08:47 WIB

Keren! Faiz Affan, Guru MTsN 1 Pati Juara Lomba Video Pembelajaran Digital

1 Januari 2023 - 10:52 WIB

Luar Biasa! Mahasiswa UIN Gus Dur Raih Juara 1 Lomba LKTI Yofest Unida Gontor 2022

29 Desember 2022 - 09:42 WIB

Tingkatkan Publikasi, 4 Jurnal UIN Jakarta Peroleh Akreditasi Baru

28 Desember 2022 - 13:21 WIB

Ibu, Madrasah Pertama dan Era 4.0

22 Desember 2022 - 15:21 WIB

Keren! 2 Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Kompetisi Matematika, Sains, dan Inggris Tingkat Nasional 2022

22 Desember 2022 - 08:54 WIB

Trending di Riset & Edukasi