Menu

Mode Gelap

News · 25 Mei 2022 23:58 WIB

Inilah Cara UIN Bandung Kuatkan Jurnal Agar Terakreditasi

Avatar badge-check

Editor


 Inilah Cara UIN Bandung Kuatkan Jurnal Agar Terakreditasi Perbesar

 

SPI-BANDUNG

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerjasama dengan Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Workshop Penguatan Jurnal yang dibuka oleh Wakil Rektor II, Prof. Dr. H. Tedi Priatna, M.Ag., di Hotel Shakti, Rabu (25/05/2022).

Yoga Dwi Arianda, ST., Kepala Seksi Jurnal Imliah Nasional, Busro, S.Ud, M.Ag., Rumah Jurnal tampil menjadi narasumber yang dipandu oleh Hamdan Sugilar Mod Chyril Futuhana Ahmad.

Dalam sambutannya, Prof Tedi menegaskan bahwa pengelolaan jurnal merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mata rantai publikasi karya tulis ilmiah. “Saya atas nama pimpinan universitas akan terus memberikan dukungan penuh untuk setiap kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan jurnal karena penelitian, publikasi ilmiah pada jurnal merupakan etalase dari perguruan tinggi,” tegasnya.

Ketua LP2M, Dr. Husnul Qodim., MA berharap penguatan jurnal harus terus dilakukan untuk melakukan tata kelola jurnal mulai dari panduan standar kualitas artikel jurnal ilmiah internasional, nasional terakreditasi sampai bobot penilaian dalam pengajuan akreditasi jurnal. “Seluruh pengelola untuk senantiasa meningkatkan kualitas serta kapasitas pengelolaan jurnal. Meskipun saat ini berada di peringkat pertama untuk bidang publikasi PTKIN seluruh Indonesia. Bukan berarti kampus yang lain tidak memiliki jurnal terakreditasi dan terindeks internasional bereputasi,” jelasnya.

Kepala Pusat Penelitian, Dr. Deni Miharja, M.Ag menyampaikan Workshop penguatan ini diikuti 86 peserta dalam rangka akselerasi akreditasi menuju jurnal terakreditasi.

Menurut Yoga Dwi Arianda, ST. ihwal kebijakan akreditasi jurnal ilmiah nasional oleh bapak Yoga Dwi Arianda, ST. bisa dimulai dari proses pengelolaan akreditasi jurnal ilmiah, statistik jurnal yang telah terakreditasi, sampai dengan unsur-unsur penilaian dalam proses akreditasi jurnal ilmiah.

Pemaparan materi kebijakan ini disambut baik oleh para peserta yang aktif mengajukan pertanyaaan serta membagikan pengalaman mereka terkait dengan proses akreditasi jurnal ilmiah. “Harapan saya kepada seluruh pengelola jurnal untuk senantiasa istiqamah dalam menjaga kualitas jurnal yang dikelola,” ujarnya.

Upaya penguatan jurnal di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati, bagi Busro, S.Ud, M.Ag. “Rumah Jurnal kedepan akan banyak program yang diharapkan mampu meningkatkan tren serta ekosistem jurnal di UIN Bandung. Dukungan dari civitas akademika, terutama pimpinan dan pengelola menjadi modal utama dalam penguatan publikasi, jurnal,” pungkasnya.

Workshop penguatan jurnal dihadiri oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK), Priyono, S.Pd, M.Pd, Jajaran Pimpinan LP2M. (CFA)

Artikel ini telah dibaca 75 kali

Baca Lainnya

Stafsus Menag: PTKIN Gerakkan Potensi Humas dan Bentuk Cyber Army

3 Februari 2023 - 14:47 WIB

Selamat! Versi Webometrics Januari 2023, UIN Bandung Duduki Posisi I PTKIN Terbaik di Indonesia

2 Februari 2023 - 10:01 WIB

Terapkan MBKM, 7 Mahasiswa UIN Batusangkar Ikut Magang di PT. Madani Intelsysdata Jakarta

1 Februari 2023 - 13:45 WIB

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

28 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Trending di News