Menu

Mode Gelap

Tips & Trik · 19 Apr 2022 07:19 WIB

Inilah 3 Tips Panduan Menulis Esai Beasiswa

Avatar badge-check

Editor


 Inilah 3 Tips Panduan Menulis Esai Beasiswa Perbesar

JAKARTA-SPI,

Esai merupakan salah satu elemen penting dalam melamar beasiswa. Kesuksesan seseorang dalam mendaftar beasiswa juga diukur melalu esai.
Sayangnya masih banyak pelamar yang kurang piawai dalam menulis esainya.

Alumni beasiswa LPDP, Nisa Sri Wahyuni menyebutkan ada 3 tips menulis esai yang baik untuk meningkatkan peluang meraih beasiswa. Apa saja tips itu? Berikut adalah penjelasannya.

1. Pahami Diri Sendiri

Tips menulis esai yang pertama adalah memahami diri sendiri sendiri. Maksudnya adalah menceritakan diri berdasarkan pengalaman, kelebihan, kekurangan, serta kontribusi ke depannya untuk ditulis dalam esai beasiswa.

“Jadi, pelamar harus bisa memahami diri mereka sendiri dan menuliskan semua topik tersebut dengan baik,” ujar peraih gelar magister di Imperial College London, yang dilansir dari laman ITS.

2. Jujur dengan Apa yang Ditulis

Memahami diri sendiri harus dimulai dengan bersikap jujur. Maksudnya adalah tidak merekayasa atau memanipulasi topik-topik yang ada di dalam esai. Nisa menjelaskan kejujuran esai harus mencerminkan kejujuran penulisnya.

Kejujuran selanjutnya adalah menuliskan kontribusi setelah meraih beasiswa. Kontribusi yang dimaksudkan yaitu menulis sesuai dengan kapasitas diri masing-masing yang terkait dengan topik.

Hal itu nantinya akan memudahkan pelamar untuk mengimplementasikannya setelah meraih beasiswa. “Dan jangan lupa untuk menjelaskan alasan kenapa kalian ingin berkontribusi seperti itu,” papar Nisa.

3. Topik Harus Spesifik

Topik yang ditulis dalam esai harus ditulis dengan fokus dan spesifik tidak harus sangat rinci. Pada bagian pengalaman misalnya, cukup menulis satu atau dua pengalaman saja dengan kesan yang paling berpengaruh bagi perkembangan diri pelamar yang perlu diangkat ke dalam esai.

“Pelamar harus cerdas dalam memilih dan menuliskan pengalamannya agar pembaca yakin bahwa pelamar layak untuk mendapat beasiswa,” kata Nisa.

Nisa berpesan agar seluruh pelamar beasiswa berusaha sebaik mungkin dalam proses seleksi beasiswa terutama saat menulis esai. “Tentu selalu ada jalan bagi orang-orang yang berusaha dengan baik,” kata Nisa

Sumber: detik.com

 

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

7 Tips Susun Jurnal Bereputasi Internasional Ala UNS

13 November 2022 - 10:30 WIB

Trik Mudah, Cepat Susun Kalimat sampai Paragraf

5 Oktober 2022 - 13:06 WIB

9 Tips Menjaga Mental Health Saat Menulis Tugas Akhir Skripsi

28 September 2022 - 07:19 WIB

5 Tips Susun Tugas Akhir Skripsi dan Artikel Ilmiah yang Wajib Diketahui agar Tidak Salah Persepsi

26 September 2022 - 07:57 WIB

6 Tips dan Trik Kiat Sukses Tembus Jurnal Terindeks Scopus

18 Agustus 2022 - 08:05 WIB

Tips Publikasi Ilmiah Tembus Jurnal Internasional Terindeks Scopus Ala De Rosal Ignatius Moses Setiadi

18 Agustus 2022 - 06:47 WIB

Trending di Tips & Trik