Menu

Mode Gelap

Tips Nulis · 22 Mar 2022 13:56 WIB

Indahnya Berbagi Pengalaman Menulis


 Indahnya Berbagi Pengalaman Menulis Perbesar

BANDUNG-SPI

Untuk latihan menulis makalah (artikel) supaya terbit di jurnal ilmiah, silakan hubungi nama-nama ini: 1) Mahasiswa Tahun 2020-2021; 2) Mahasiswa Tahun 2022. Seluruhnya mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, beberapa sudah menjadi alumni.

Mengapa menguhubungi mereka? Ini penting untuk sharing pengalaman bagaimana publikasi ilmiah. Atau menerbitkan artikel di jurnal ilmiah. Teman-teman mahasiswa ini punya pengalaman mengerjakan tahap demi tahap penulisan makalah (artikel) sesuai panduan (modul).

Memang modul itu menempati posisi paling utama dalam latihan penulisan makalah (artikel). Di sini, ada dua modul, keduanya sama saja, tidak berbeda di antara keduanya, yaitu: 1) Modul A (kini sedang diterapkan di matakuliah); 2) Modul B (pernah diterapkan di pelatihan lintas pendidikan tinggi).

Modul di atas bukan dilihat materinya atau substansinya, karena masing-masing memiliki program studi yang berbeda. Melainkan ikuti strukturnya atau susunan penulisannya, karena struktur atau susunan penulisan makalah (artikel) sama saja.

Sekiranya butuh sharing dengan teman-teman mahasiswa lintas pendidikan tinggi, silakan hubungi nama-nama mahasiswa ini: Mahasiswa Kelas Menulis Nasional.

Seluruh teman-teman mahasiswa akan memiliki pengalaman yang sama dalam latihan menulis makalah (artikel) dan selanjutnya publikasi ilmiah. Pengalaman itu tidak lain, yakni: 1) Mengikuti modul tahap demi tahap; 2) Penerapan manajemen pengutipan dengan perangkat otomatis minimal perangkat manual; dan 3) Merujuk kutiapan bukan pada website melainkan selancar di Google Scholar.

Silakan klik kalimat yang berwarna untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Hubungi teman-teman mahasiswa karena berbagi pengalaman itu indah.

Semester Genap 2022

Upaya publikasi artikel mahasiswa di jurnal ilmiah telah dilakukan sejak 2020. Saat ini pun terus berlangsung di beberapa angkatan.

Di antaranya latihan di Semester II Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sejak 2 Maret 2022. Mahasiswa yang telah berhasil publikasi ilmiah, yaitu:

  1. Alif Fadilah “Toleransi Beragama dalam Pandangan Hadis untuk Ketenangan Beribadah di Nusantara: Studi Takhrij dan Syarah” (Rabu, 16 Maret 2022);
  2. Reika Astri Nuraziza, “Universalitas Persaudaraan Islam: Studi Kritik Hadis dengan Metode Takhrij dan Syarah” (Kamis, 17 Maret 2022);
  3. Wafa Salsabila Sakinah, “Hadis tentang Kejujuran sebagai Spirit untuk Generasi Milenial di Tanah Air” (Jum’at, 18 Maret 2022);
  4. Rafi Rasyad Kadarusman, Islam dan Perubahan Iklim Global: Studi Transmisi Hadis Era Kontemporer (Senin, 21 Maret 2022);
  5. Vedu Pamungkas Putra, Konsep Memadu Cinta dalam Pernikahan: Studi Kritik Hadis (Senin, 21 Maret 2022).

Semua ini berkat modul penulisan, tentu berikut motivasi dan kesungguhan. Karena itu, silakan saling menghubungi untuk berbagi pengalaman.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Dijamin Mudah, Lancar, dan Cepat, Yuk Terapkan 11 Tahap Latihan Menulis Artikel Ilmiah

12 Januari 2023 - 23:24 WIB

Hai Bestie Tugas Akhir Boleh Pake Artikel, Asal Sesuai Panduan Penulisan Skripsi

5 Januari 2023 - 10:57 WIB

3 Manfaat Konferensi Bagi Mahasiswa Ala Kelas Menulis

7 Desember 2022 - 15:30 WIB

2 Cara Gunakan Kaidah Bahasa dalam Latihan Menulis Karya Ilmiah

28 Oktober 2022 - 15:45 WIB

7 Jenis Hipotesis dalam Penelitian yang Wajib Diketahui

21 Oktober 2022 - 11:40 WIB

3 Strategi Pelatihan Efektif bagi Mahasiswa dalam Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

21 Oktober 2022 - 06:49 WIB

Trending di Tips Nulis