Menu

Mode Gelap

News · 11 Jul 2023 08:48 WIB

ICWT 2023 ITB – UIN Bandung, Ajang Tumbuhkan Iklim Kompetisi Sehat dalam Publikasi Ilmiah Internasional

Avatar badge-check

Editor


 ICWT 2023 ITB – UIN Bandung, Ajang Tumbuhkan Iklim Kompetisi Sehat dalam Publikasi Ilmiah Internasional Perbesar

SOLO SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia Muhammad Ali Ramdhani menegaskan kerjasama antara ITB dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui The International Conference on Wireless and Telematics (ICWT) 2023 ini tentunya akan membawa dampak positif bagi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementrian Agama, terutama dalam publikasi ilmiah internasional.

 

Dengan adanya kegiatan ICWT 2023 ini diharapkan dapat “Menumbuhkan iklim kompetisi yang sehat untuk menjadi yang terbaik (fastabiqul khoirot) dalam bidang publikasi ilmiah internasional, dan kedepan kerjasama ini tidak hanya dalam penyelenggaraan konferensi internasional saja, tetapi juga kolaborasi riset dan publikasi perlu dibangun antar sesama perguruan tinggi, karena saat ini, riset, inovasi, dan publikasi yang dilakukan bersama melibatkan peneliti, atau penulis dari lingkungan internal dan atau eksternal perguruan tinggi dalam beragam bentuknya telah menjadi keniscayaan,” tegasnya dikutip Selasa (11/7/2023)

 

“Dalam kesempatan ini saya mengapresiasi kegiatan ICWT 2023 ini karena hasil-hasil penelitian dari dosen-dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan mahasiswa dapat terpublikasi dalam prosiding IEEE yang memiliki dampak strategis bagi pengembangan keilmuan dan wacana akademik secara signifikan,” terang Kang Dhani, sapaan akrabnya.

 

Akademisi di berbagai belahan dunia akan mudah mengakses dan mensitasi hasil riset yang terpublikasi, sehingga dengan sendirinya berdampak terhadap pembangunan peradaban secara global. “Saya berharap dari kegiatan ini dapat diikuti oleh perguruan tinggi lainnya di lingkungan Kementerian Agama, sebagai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi artikel internasional bereputasi di Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) yang sejalan dengan program Internasionalisasi PTKIN,” tandasnya.

 

Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB (STEI ITB) Tutun Juhana, menyampaikan bahwa kegiatan ICWT 2023 sudah dimulai sejak 9 tahun lalu, tepatnya sejak 2015, konferensi ini telah mempersatukan para penulis dan pembicara untuk berbagi ide baru dan prospektif pada berbagai penelitian tentang teknologi informasi dan komunikasi, “Ini sudah menjadi agenda tahunan yang terdaftar di IEEE. Saya mengucapkan terima kasih kepada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati sebagai co-host dalam kegiatan ini,” ujarnya.

 

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Hasniah Aliah, menjelaskan bahwa kegiatan ICWT 2023 merupakan kerjasama antara STEI ITB dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang memasuki tahun ke-7 bagi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi co-host.

 

Hasniah menjelaskan dari 6 tahun keikutsertaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam kegiatan ICWT yang lalu telah menghasilkan publikasi ilmiah internasional sebanyak 228 paper dengan afiliasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung,

“Tentu ini menjadi capaian publikasi ilmiah yang sangat menggembirakan terlebih lagi beberapa paper yang dihasilkan dari kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi penelitian antara UIN dan STEI ITB dan beberapa kampus lainnya,” paparnya.

 

Hasniah juga menghaturkan ucapan terima kasih kepada Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Ketua LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung atas support yang diberikan, sehingga kegiatan ICWT 2023 ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar. “Saya atas nama pribadi, menyampaikan terimakasih kepada Dekan STEI ITB atas kerjasamanya.”

 

Ketua penyelenggara ICWT 2023, Nana Rachmana Syambas, menjelaskan bahwa ICWT merupakan salah satu konferensi yang diselenggarakan oleh Kelompok Penelitian Teknik Telekomunikasi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung (STEI-ITB) dan bekerja sama dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang dioperatori pelaksanaannya oleh Jurusan Teknik Elektro, menjadi salah satu konferensi di Indonesia dalam bidang telekomunikasi dan informasi, teknologi komunikasi dan informatika.

“Konferensi ini merupakan forum untuk universitas, industri, pemerintah, dan sektor publik untuk bertukar pikiran, ide dan metode dan karya inovatif untuk dipublikasikan,” jelasnya.

 

Wakil ketua ICWT 2023, Eki Ahmad Zaki Hamidi, menambahkan bahwa publikasi ICWT 2023 yang akan dipublish IEEE dan terindex scopus ini merupakan hasil penelitian dosen-dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang berkolaborasi dengan mahasiswa.

“Dalam kegiatan ICWT 2023 terdapat 15 Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan 24 Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung ikut mempresentasikan hasil penelitiannya dalam kegiatan ICWT 2023 ini,” paparnya.

 

Ketua Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Nanang Ismail, mengatakan bahwa kegiatan ICWT 2023 ini merupakan salah satu wahana untuk mempublikasikan hasil penelitian baik yang dilakukan oleh dosen ataupun mahasiswa, sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan publikasi Internasional UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kegiatan ICWT 2023 ini menampilkan Keynote Speaker Iyad Dayoub, dari Institute of Electronics, Microelectronics and Nanotechnology IEMN-CNRS UMR 8520, Head of Telecommunications Technologies & Intelligent Systems Department (TTISD), INSA Hauts-de-France & Univ. Polytechnique Hauts-de-France.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Keren! Siswi MTsN 1 Pekanbaru Sumbang Medali Perunggu Shitoryu Karatedo International Championships 2023

30 September 2023 - 09:00 WIB

UIN Bandung Terus Berkomitmen Tingkatkan Pembimbing Haji dan Umrah

29 September 2023 - 17:28 WIB

Keren! Rekognisi Jurnal Ilmiah PTKIN yang Terindeks Scopus. Yuk Cek Kampus Mana Aja?

27 September 2023 - 23:12 WIB

Keren! UIN Bandung Sabet Penghargaan dari TVRI Jawa Barat

23 September 2023 - 17:00 WIB

Pesan Rektor UIN Bandung saat Pelantikan : Jaga Bersama Amanat!

20 September 2023 - 23:04 WIB

Rektor UIN Bandung : Awal Perjuangan untuk Menatap Masa Depan yang Cerah

18 September 2023 - 17:10 WIB

Trending di News