Hore! Kemenag Bentuk Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara

oleh

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-JAKARTA

Kementerian Agama melalui Sub Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum (PTU) membentuk Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara (MBBN). Tujuannya, memperkuat paham Moderasi Beragama dan Bela Negara pada PTU.

Pembentukan Griya MBBN diawali dengan penyusunan panduan. Giat ini berlangsung di Jakarta, 24-26 Oktober 2022.

Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah mengapresiasi pembentukan Griya MBBN pada PTU yang dipelopori para dosen PAI. Sebab, selama ini fokus moderasi masih di lingkungan PTKIN saja. Padahal, PTU juga wajib diperhatikan.

Lebih lanjut, Amrullah berharap pembentukan Griya MBBN ini bisa menjadi wadah para dosen PAI pada PTU. Griya MBBN juga bisa menjadi tempat koordinasi dan pembinaan terhadap Organisasi Pergerakan Mahasiswa Moderasi Beragama dan Bela Negara yang sudah terbentuk dan dikukuhkan di Malang pada 27 Juli 2022.

Kasubdit PAI pada PTU, Munir selaku penanggungjawab program dalam laporannya menyampaikan bahwa Pendirian Griya MBBN pada PTU memang sangat dibutuhkan, mengingat Dosen PAI pada PTU menjadi rujukan mahasiswa dalam pemahaman keagamaan di kampus mereka. Saat ini sudah ada tujuh PTU yang siap untuk mendirikan Griya MBBN di kampusnya masing-masing.