Menu

Mode Gelap

Riset & Edukasi · 9 Des 2022 14:25 WIB

Hebat! Unair Kenalkan Platform yang Permudah Dosen Terbitkan Jurnal, Researcher.Life

Avatar badge-check

Editor


 Hebat! Unair Kenalkan Platform yang Permudah Dosen Terbitkan Jurnal, Researcher.Life Perbesar

SENTRA PUBLIKASIKAN INDONESIA-SURABAYA

Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI) Universitas Airlangga (Unair) serius mendukung sivitas akademika menerbitkan jurnal ilmiah. Program demi program hingga platform disediakan untuk mendukung serta mempermudah penerbitan jurnal.

Salah satu platform yang bekerja sama dengan LIPJPHKI Unair adalah Researcher.Life. Platform tersebut dapat membantu sivitas akademika Unair menjawab berbagai masalah, seperti penyediaan asisten peneliti yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan, proofreading atau uji baca yang dilakukan sebelum jurnal terbit, networking, hingga mempublikasikan jurnal.

 

Sivitas akademika Unair juga dapat memantau perkembangan jurnal ilmiah yang sudah dipublikasi seperti berapa jumlah pembaca jurnal ilmiah hingga sitasi yang sudah didapatkan. Jumlah sitasi yang didapat dapat menjadi indikator jurnal ilmiah yang telah diterbitkan dapat bermanfaat kepada orang lain sehingga digunakan sebagai bahan tulisan.

Jurnal hasil karya sivitas akademika Unair pada platform ini akan dikelompokkan menjadi berbagai topik tertentu sehingga baik penulis atau pembaca dapat mengakses dengan mudah. Fitur lain, sivitas akademika Unair dapat mencari jurnal ilmiah milik orang lain untuk menambah sumber bacaan.

Hal tersebut dapat membantu sivitas akademika Unair untuk mencari inspirasi atau bahkan menggunakannya sebagai sitasi pada jurnal yang dibuat. Uniknya platform ini bisa diakses menggunakan perangkat apa saja yang terhubung dengan internet baik melalui ponsel atau laptop.
“Kapan pun dan di mana pun platform ini dapat diakses dengan mudah. Peneliti juga bisa memantau perkembangan jurnal yang telah dipublikasikan,” kata Associate Director sekaligus Institutional Partnership EDITAGE yang mengelola Researcher.Life, Daniel Prathipa, dikutip dari laman unair.ac.id, Jumat (9/12/2022.

Ketua LIPJPHKI Unair Hery Purnobasuki berharap acara yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat kepada peserta. “Mudah-mudahan acara ini bisa memberi kebermanfaatan bagi kita semua. Bagi yang datang jangan sungkan untuk menyebarkan ilmu yang sudah didapat kepada orang lain,” ujar dia.

Hery mengimbau kepada seluruh sivitas akademika Unair untuk tidak segan berkonsultasi kepada LIPJPHKI bila mengalami berbagai kendala. “Semoga setelah ini dapat memperkuat riset dan publikasi dosen-dosen. Mudah-mudahan hal ini tidak berhenti di sini. Jika ada yang ditanyakan dapat menghubungi LIPJPHKI atau datang langsung saja ke kantor,” tutur dia.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Kuatnya Pengaruh Kekerasan Adegan Film dalam Kehidupan Nyata

8 Januari 2023 - 08:47 WIB

Keren! Faiz Affan, Guru MTsN 1 Pati Juara Lomba Video Pembelajaran Digital

1 Januari 2023 - 10:52 WIB

Luar Biasa! Mahasiswa UIN Gus Dur Raih Juara 1 Lomba LKTI Yofest Unida Gontor 2022

29 Desember 2022 - 09:42 WIB

Tingkatkan Publikasi, 4 Jurnal UIN Jakarta Peroleh Akreditasi Baru

28 Desember 2022 - 13:21 WIB

Ibu, Madrasah Pertama dan Era 4.0

22 Desember 2022 - 15:21 WIB

Keren! 2 Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Kompetisi Matematika, Sains, dan Inggris Tingkat Nasional 2022

22 Desember 2022 - 08:54 WIB

Trending di Riset & Edukasi