Menu

Mode Gelap

Riset & Edukasi · 22 Apr 2022 14:58 WIB

Hasil Penelitian Kanada Ungkap Potensi Penularan Covid-19 dari Rusa ke Manusia

Avatar badge-check

Editor


 Hasil Penelitian Kanada Ungkap Potensi Penularan Covid-19 dari Rusa ke Manusia Perbesar

SPI-KANADA,

Para peneliti di Kanada mengungkap potensi penularan Covid-19 dari hewan ke manusia. Peneliti meyakini bahwa mereka telah menemukan bukti pertama terkait penularan SARS-CoV-2 dari seekor rusa.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan pekan lalu di bioRxiv dan belum ditinjau oleh rekan sejawat, penulis mengatakan bahwa melalui kolaborasi penelitian multidisiplin untuk pengawasan SARS-CoV-2 pada satwa liar Kanada, mereka telah mengidentifikasi spesies baru dan “garis keturunan sangat berbeda” dari virus.

Garis keturunan ini memiliki 76 mutasi konsensus termasuk 37 yang sebelumnya terkait dengan inang hewan non-manusia. Sebelumnya 23 di antaranya tidak dilaporkan pada rusa.

Ada juga tanda mutasi adaptasi inang dalam seleksi netral. Analisis filogenetik mengungkapkan kasus manusia yang terkait secara epidemiologis dari wilayah geografis dan periode pengambilan sampel yang sama.

“Bersama-sama, temuan kami mewakili bukti pertama dari garis keturunan SARS-CoV-2 yang sangat berbeda pada rusa berekor putih dan penularan dari rusa ke manusia,” kata peneliti, seperti dilansir dari Fox News, Jumat (4/3/2022).

Sebelumnya, para ilmuwan di Amerika Serikar (AS) menemukan bahwa rusa ekor putih New York terinfeksi corona varian omicron. Varian sebelumnya ditemukan pada rusa di sana dan negara bagian lainnya.

Populasi rusa berekor putih juga ditemukan memiliki Covid-19 di provinsi tengah Kanada. Para peneliti mengambil sampel dari ratusan rusa berekor putih dari barat daya serta timur Ontario selama musim berburu 2021. Tes usap hidung dan jaringan dari kelenjar getah bening retropharyngeal dilakukan untuk mendeteksi keberadaan RNA SARS-CoV-2.

“Secara keseluruhan, RNA SARS-CoV-2 terdeteksi pada 21 sampel yang mewakili 6 persen (17/298) dari rusa berekor putih yang dipanen pemburu yang termasuk dalam penelitian ini; semua hewan positif adalah rusa dewasa dari barat daya Ontario dan mayoritas (65%) adalah perempuan,” jelas peneliti.

Dalam serangkaian tweet, salah satu penulis penelitian, Finlay Maguire, menjelaskan bahwa sampel mereka sangat berbeda dari sampel SARS-Cov-2 yang sebelumnya. Menariknya, kerabat terdekat rusa ON adalah sampel manusia dan cerpelai yang diturunkan dari Michigan di dekatnya pada tahun 2020.

“Kami juga mengidentifikasi satu kasus manusia yang sangat mirip dengan sampel rusa kami dan berasal dari kerangka waktu dan wilayah yang sama. sampel rusa,” tulis asisten profesor Dalhousie University.

Dia mengatakan sulit untuk sepenuhnya menyelesaikan hubungan dalam kelompok genom ini dengan sampel yang sangat sedikit. Namun, hubungan spatiotemporal ini dan kontak dekat yang diketahui dengan rusa ( epidemiologis) berarti merupakan peristiwa penularan potensial dari rusa ke manusia.

Setelah analisis, membandingkan susunan genetik Covid-19 yang ditemukan pada rusa dengan kasus virus pada manusia di wilayah itu, kelompok tersebut menulis bahwa infeksi berkelanjutan SARS-CoV-2 dalam rusa berekor putih dan peluang untuk penularan kembali ke manusia. Mereka menggarisbawahi potensi rusa berekor putih bisa bertindak sebagai reservoir hewan.

Kasus ini disebut tidak terlalu mengkhwatirkan. Hanya, diperlukan pengawasan virus yang lebih baik. Badan kesehatan masyarakat Kanada menyatakan kepads CBC mengatakan bahwa tidak ada tanda-tanda infeksi manusia tambahan dengan urutan unik ini, sejak kasus manusia tunggal diidentifikasi.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Kuatnya Pengaruh Kekerasan Adegan Film dalam Kehidupan Nyata

8 Januari 2023 - 08:47 WIB

Keren! Faiz Affan, Guru MTsN 1 Pati Juara Lomba Video Pembelajaran Digital

1 Januari 2023 - 10:52 WIB

Luar Biasa! Mahasiswa UIN Gus Dur Raih Juara 1 Lomba LKTI Yofest Unida Gontor 2022

29 Desember 2022 - 09:42 WIB

Tingkatkan Publikasi, 4 Jurnal UIN Jakarta Peroleh Akreditasi Baru

28 Desember 2022 - 13:21 WIB

Ibu, Madrasah Pertama dan Era 4.0

22 Desember 2022 - 15:21 WIB

Keren! 2 Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Kompetisi Matematika, Sains, dan Inggris Tingkat Nasional 2022

22 Desember 2022 - 08:54 WIB

Trending di Riset & Edukasi