Coaching Clinic, Cara Dosen Prodi PAI UIN Lampung Siap Publish Jurnal Scopus

oleh

LAMPUNG SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung (RIL) menggelar Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks Scopus di Ruang Meeting Gedung Academic & Research Center kampus setempat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada 12 dan 13 Juli 2023 ini menghadirkan narasumber dari Jurnal Pendidikan Islam (JPI) UIN Bandung yang telah terindeks Scopus, yaitu Dr Karman MPd dan Dr Ferli Septi Irwansyah beserta tim.

Dilansir dari Rilis Lampung, Dekan FTK, Prof Dr Hj Nirva Diana MPd menyatakan, dengan digelarnya kegiatan ini para dosen akan menggali ilmu seluas-luasnya dari narasumber. Sehingga, katanya, artikel yang dibuat siap publish di jurnal terindeks Scopus.

Prof Nirva juga memotivasi para dosen untuk mendukung internasionalisasi kampus dengan menulis di jurnal bereputasi. Dia juga meminta untuk mengikuti kegiatan dengan fokus dan serius.

“Untuk mendukung internasionalisasi kampus, kita (para dosen) harus menulis di jurnal-jurnal bereputasi internasional. Apalagi Prodi PAI yang saat ini digadang-gadang untuk submit akreditasi internasional,” ujar Dekan, Rabu (12/07).

Ketua Prodi PAI, Dr Umi Hijriyah MPd menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh dosen PAI saja, namun juga terdapat sebagian dosen di lingkungan FTK untuk mengikuti pemaparan dari Tim JPI UIN Bandung.

Pada kesempatan tersebut, salah satu narasumber, Dr Karman MPd menekankan untuk dapat merubah mindset dan serius ketika akan membuat artikel.

“Artikel yang bagus itu dimulai dari riset yang serius sehingga mampu dengan mudah menuangkan ide pada artikel,” pungkasnya.