Chatbot Layanan Peradilan Agama di Indonesia

oleh

BANDUNG SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Pegadilan Agama sebagai badan yang memiliki wewenang menjalankan dan menyelesaikan perkara-perkara hukum Islam tentunya perlu terus beradaptasi meningkatkan layanan hukum untuk masyarakat muslim di Indonesia. Dengan berkembangnya teknologi kecerdasan artifisial, Pengadilan Agama dapat meningkatkan layanan yang optimal, tersedia setiap saat, responsive, dan real time. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah kecerdasan artifisial chatbot.

 

Buku ini menyajikan hasil pengembangan aplikasi chatbot untuk layanan di Pengadilan Agama yang diberi nama CEPAT (Chatbot Engine Pengadilan Agama Terdepan). Pembangunan model untuk CEPAT dilakukan dengan mengobservasi empat algoritma pembelajaran mesin, antara lain Multinomial Naïve Bayes Classifier (MNB), Deep Neural Network (DNN) dengan model Sequential dan Transfer Learning, serta Long Short-Term Memory (LSTM). Berdasarkan hasil evaluasi pembangunan model pembelajaran mesin untuk aplikasi CEPAT ini, LSTM memiliki performansi yang terbaik. Oleh karena itu, model LSTM ini dienkapsulasi dan ditanam pada aplikasi CEPAT berbasi website.

 

Semoga buku ini memberikan gambaran dan kontribusi nyata pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial diberbagai sektor, khususnya pada bidang hukum. Kolaborasi bidang ilmu melalui aplikasi CEPAT diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan di Pengadilan Agama dengan layanan prima menggunakan teknologi cerdas chatbot.

 

Untuk ringkasan buku Chatbot Layanan Peradilan Agama di Indonesia ini dapat dibaca pada laman ini 

Judul : Chatbot Layanan Peradilan Agama di Indonesia

Penulis : Siah Khosyi’ah, Dian Sa’adillah Maylawati, Naufal Rizqullah, Fauwzan Ibnu Fajar

Penyunting: Widodo Dwi Ismail Azis W.

Desain Sampul dan Tata letak: Anggi Rufaedah Wardani

Penerbit : CV. Sentra Publikasi Indonesia