Menu

Mode Gelap

Opini & Cerita · 12 Sep 2022 09:03 WIB

Cara Praktis Penulisan Artikel Ilmiah, Mahasiswa dan Latihan Mandiri

Avatar badge-check

Editor


 Cara Praktis Penulisan Artikel Ilmiah, Mahasiswa dan Latihan Mandiri Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-BANDUNG
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Kali ini “Kelas Menulis” akan berbagi cara praktis penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa melalui latihan secara mandiri. Bisa dipastikan bahwa melalui latihan secara mandiri mahasiswa bisa menghasilkan penulisan artikel ilmiah yang baik.

Saat ini seluruh matakuliah diarahkan untuk menghasilkan outcome (“keluaran”) sebagai tuntutan penerapan Outcome Based Education (OBE). Salah satu keluaran matakuliah adalah makalah atau artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah.

Mula-mula mahasiswa akan menghasilkan output (“luaran”) dari proses perkuliahan. Luaran ini berupa naskah makalah atau naskah artikel ilmiah. Selanjutnya, luaran ini diproses lagi sampai menghasilkan keluaran berupa penerbitan atau publikasi artikel di jurnal ilmiah.

Tentu merupakan kebanggaan bila artikel ilmiah mahasiswa terbit di jurnal ilmiah. Sebab, hal itu merupakan prestasi yang cukup tinggi. Disebut prestasi tinggi karena ia berhasil menyumbangkan pengetahuan yang disebarluaskan kepada masyarakat luas melalui penerbitan di jurnal ilmiah.

Untuk menghasilkan keluaran (outcome) berupa publikasi artikel di jurnal ilmiah memang lazimnya mahasiswa dilakukan sebuah pendampingan. Pendampingan ini dilakukan terutama agar artikel memenuhi kelayakan bagi penerbitan di jurnal ilmiah.

Namun mahasiswa bisa mandiri dalam publikasi ilmiah. Paling utama tanamkan motivasi yakni semangat yang hadir dari dalam diri. Selanjutnya, perhatikan kerapian. Kerapian seakan sepele, namun justru hal itu yang paling inti dan paling utama yang amat ditekankan dalam penulisan artikel ilmiah.
Kerapian dalam penulisan artikel ilmiah menyangkut hal-hal teknis penulisan, seperti margin, titik, koma, penulisan hurup kapital, huruf kecil, dan lain-lain. Aktivitas kunci dalam latihan penulisan artikel ilmiah adalah “lakukan penulisan melalui upaya sekuat tenaga menghindari kesalahan-kesalahan teknis penulisan.”
Ayo Baca: Petunjuk Kelas Menulis seputar Kerapian dalam Penulisan Artikel Ilmiah

Selain kerapian, susunan penulisan sangat menentukan dalam penulisan artikel ilmiah. Kelas Menulis telah menyiapkan modul penulisan artikel ilmiah untuk digunakan sebagai acuan mahasiswa dalam memperhatikan susunan penulisan artikel ilmiah. Jadi, ikuti modul penulisan agar artikel memenuhi kelayakan untuk penerbitan di jurnal ilmiah.

Ayo Baca: Modul Kelas Menulis Perihal Susunan Penulisan Artikel Ilmiah

Mahasiswa dipastikan bisa menulis artikel ilmiah melalui latihan secara mandiri. Caranya yang paling praktis adalah perhatikan kerapian sesuai petunjuk dan perhatikan susunan penulisan sesuai modul. Mari kita ukir prestasi seiring penerapan OBE sekarang ini.

 
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Latihan Menulis Artikel Ilmiah dan Keberkerjaan Lulusan PT

25 Januari 2023 - 15:04 WIB

Akademisi dan Kesombongan

11 Januari 2023 - 16:48 WIB

Jalan Menuju Prestasi Ala Kelas Menulis

30 Desember 2022 - 23:15 WIB

Biar Cepat Lulus, Hindari 9 Kesalahan Kecil dalam Menulis Skripsi

27 Desember 2022 - 12:30 WIB

11 Modul Latihan Penulisan Artikel Ilmiah Kelas Menulis

18 Desember 2022 - 13:27 WIB

Bantu Bencana Cianjur, Telkom University Hadirkan MCRBS

28 November 2022 - 13:27 WIB

Trending di Opini & Cerita