Begini Penilaian Sekolah Siaga Kependudukan Ala MAN 2 Bukit Tinggi

oleh

BUKTIK TINGGI SENTRA PUBLIKASI INDONESIA

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bukittinggi semakin mematangkan persiapan dalam penilaian Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) tahun 2023. Berbagai kegiatan, laporan administrasi, hingga persiapan bukti fisik disempurnakan.

Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu menciptakan mars SSK MAN 2 Bukittinggi yang berjudul “Generasi Emas Indonesia” yang dinyanyikan oleh guru dan siswa. SSK adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan Kependudukan dan keluarga berencana, ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, dimana di dalamnya terdapat pojok Kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik

Darmizal selaku pencipta lagu dan juga merupakan salah satu guru Seni Budaya di MAN 2 Bukittinggi menceritakan makna lirik pada mars tersebut. “Pada bait pertama siswa madrasah diharapkan mencerminkan akhlak mulia sesuai dengan tuntutan agama kita, juga penerapan nilai-nilai Pancasila. Sedangkan pada bait kedua generasi muda wajib menuntaskan belajar hingga 12 tahun serta menjalankan program pemerintah salah satunya program BKKBN yaitu menciptakan generasi berencana semenjak dini. Agar tidak ada lagi menikah pada usia anak dibawah 21 tahun untuk perempuan dan dibawah 25 untuk laki-laki,” ungkap Darmizal, Minggu (4/6/2023).

Selanjutnya kata Darmizal. “Melalui Mars ini diharapkan semakin menyemarakkan SSK di MAN 2 Bukittinggi sekaligus sebagai ajakan kepada generasi muda agar mempunyai kesadaran terhadap isu-isu kependudukan,” jelas guru seni dan budaya ini.

Amri J, Kepala MAN 2 Bukittinggi menyampaikan apresiasinya atas terciptanya Mars SSK MAN 2 Bukittinggi yang sudah dilakukan rekamannya di ruang seni madrasah.

“Kehadiran mars SSK akan menambah semangat dan semarak, apalagi kita dengar liriknya yang berisikan ajakan untuk generasi muda pendekatan dengan seni. Jika kita hubungkan dengan isu kependudukan saat ini memang harus semua lini ikut menyukseskan program pemerintah melalui BKKBN ini. MAN 2 Bukittinggi berkomitmen mendukung semua kegiatan pemerintah dalam menyiapkan generasi emas tahun 2045 semenjak sekarang,” papar kepala madrasah ini.

Selanjutnya kepala madrasah ini berharap “lagu mars SSK MAN 2 Bukittinggi yang berjudul generasi emas Indonesia ini hendaknya dapat menjadi ikon dan menggambarkan ciri madrasah serta menambah semangat bagi yang mendengarkannya,” harap Amri J.