Bantu Bencana Cianjur, Telkom University Hadirkan MCRBS

oleh

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-BANDUNG

Duka mendalam sedang dialami oleh saudara kita di Cianjur Jawa Barat, Kota Santri ini pada awal pekan kemarin (21/11) diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,6 yang telah menimpa banyak korban.

Sebagai bentuk solidaritas, Telkom University (Tel-U) menurunkan tim relawan yang terdiri dari mahasiswa, pegawai dan dosen untuk membantu korban di Cianjur. Tel-U juga bersama TelkomGroup memberikan bantuan berupa kebutuhan harian yang diperlukan oleh korban bencana serta membuka posko bantuan yang terletak di plaza Telkom Cianjur.

Sebagai kampus yang unggul akan inovasi, Tel-U juga mengirimkan produk inovasi unggulannya yaitu Mobile Cognitive Radio Base Station (MCRBS) untuk menangkap sinyal komunikasi di daerah terdampak bencana.

MCRBS merupakan Base Sation portable dengan komponen yang terdiri dari tower, antena, sistem daya, dan sistem kontrol, sehingga dapat dengan mudah berpindah sesuai kebutuhan (misalnya dipasang pada mobil penanganan bencana). MCRBS didesain mampu menangkap sinyal dari berbagai generasi komunikasi dan diberikan kemampuan untuk dapat “menghubungkan” daerah bencana dengan daerah yang aman, sehingga komunikasi dapat terbangun dan tindakan penyelamatan dapat segera dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Selain berhasil memberikan koneksi komunikasi dan data internet, desain dan rancangan MCRBS terbaru mampu mandiri dalam hal power dengan bantuan generator, aki, dan panel tenaga surya. Sehingga dapat digunakan di daerah yang tidak terjangkau listrik.

“Kehadiran MCRBS di Cianjur untuk membantu pemulihan jaringan sekaligus melakukan aksi penyelamatan korban bencana”. Ungkap Dr. Eng. Khoirul Anwar selaku Direktur Advanced Intelligent Comms. (AICOMS) dilansr dari laman Telkom University, Senin (28/11/2022).

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya saat melepas rombongan di Gedung Bangkit, Selasa (22/11) menyampaikan, semangat dan dukungannya bagi tim yang akan mengemban misi kemanusiaan ini, mudah-mudahan dengan kehadiran tim relawan Tel-U disana dapat banyak membantu meringankan beban keluarga korban.

“Terimakasih atas tenaga yang kalian berikan untuk membantu meringankan beban keluarga koban, kehadiran Telkom University merupakan bentuk kontribusi kami untuk bangsa Indonesia, hati-hati dan tetap jaga Kesehatan.” Ucap Prof. Adiwijaya.