Menu

Mode Gelap

News · 18 Mar 2022 14:08 WIB

Ayo Dekteksi Aktivitas Otak Bersama Laboratorium Syifaulqulub

Avatar badge-check

Editor


 Ayo Dekteksi Aktivitas Otak Bersama Laboratorium Syifaulqulub Perbesar

BANDUNG-SPI

LABORATORIUM Syifaulqulub Jurusan Tasawuf Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN() Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan Pelatihan berseri dengan tema “Live Competence Corse”. Acara tersebut berlangsung di Aula Fakultas Ushuluddin Jl.AH Nasution 105 Bandung, Kamis- Jumat (17-18/03/2022)

Dekan Fakultas Ushuluddin Dr.Wahyudin Darmalaksana MA didampingi Ketua Jurusan TP Dr. Mukhtar Gozali, M.Ag, membuka langsung kegiatan tersebut. Seusai pembukaan acara dilanjutkan dengan pelatihan dipandu Ketua Lab Syifaulqulub Dr. Dian Siti Nurjanah, M.Ag.

Hadir sebagai pembicara pada kesempatan ini Direktur Oprasional PT. Neuro Medika Sejahtera EEG, Rasda. Dia menjelaskan EEG adalah suatu alat yang mempelajari gambar dari rekaman aktivitas listrik di otak, termasuk teknik perekaman EEG dan interpretasinya.

Pemeriksaan EEG, lanjutnya, adalah tes yang mendeteksi aktivitas listrik di otak, dengan menggunakan cakram logam kecil (elektroda) yang dilekatkan pada kulit kepala. Perlu diketahui bahwa sel-sel otak berkomunikasi melalui impuls listrik dan aktif setiap saat, bahkan ketika sedang tidur. Aktivitas ini kemudian ditampilkan sebagai garis bergelombang pada rekaman EEG.

Sementara itu, Mukhtar Ghozali mengatakan, pelaksanaan worksop ini adalah membuktikan bahwa spiritualitas bisa di deteksi dengan menggunakan sains. “Misalnya Ketika penerapan terapi dzikir pada keluhan kecemasan maka dilihat bagaimana gelombang otaknya dan bagaimana hasil dari trietmennya,” katanya.

Mukhtar berharap dengan digelarnya workhsop ini akan mendorongf sejumlah riset yang berkaitan dengan spiritualitas tasawuf yang dikolaborasikan dengan sains dan kesehatan. “Insyaalloh ini akan banyak bermanfaat untuk masyarakat luas,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Kuasai 3 Kemampuan Skills Menulis Artikel Ilmiah Biar Keren Hadapi Abad 21

27 Januari 2023 - 16:22 WIB

Keren! 6 Madrasah Digital Moderat Hadir di Kota Malang

23 Januari 2023 - 09:44 WIB

Begini Pendapat Rektor UIN Bandung soal Polemik Biaya Haji 2023

22 Januari 2023 - 22:19 WIB

Jurnal Prisma: Soedjatmoko Pemikir, Intelektual Bangsa yang Kritis

20 Januari 2023 - 14:26 WIB

Selamat! 5 Dosen Ushuluddin UIN Bandung Jadi Guru Besar

16 Januari 2023 - 11:57 WIB

Tahap Awal 4 Kampus, Kemenag Jajaki Kerjasama dengan Universiti Utara Malaysia

14 Januari 2023 - 23:30 WIB

Trending di News