Menu

Mode Gelap

Agama · 9 Feb 2022 16:43 WIB

Ayo Atasi Intoleransi Beragama Dengan Cara Ini

Avatar badge-check

Editor


 Ayo Atasi Intoleransi Beragama Dengan Cara Ini Perbesar

(BANDUNG-SPI)-Sejak dipromosikan oleh pemerintah pada tahun 2019, implementasi dan kajian moderasi beragama lebih didominasi oleh perspektif madhab Islam Sunni. Padahal, sebagai sebuah konsep yang terbuka, wacana dan praksis moderasi beragama juga dapat berkembang pada madhab Islam lain, seperti pada madhab Syiah.

Artikel ini membahas tentang moderasi beragama sebagai strategi komunitas Syiah melawan diskriminasi. Artikel ini menawarkan sebuah perspektif alternatif dalam memahami moderasi beragama dengan merujuk pada pemikiran dan praktik beragama yang dijalankan oleh jamaah Ikatan Jamaah Ahl al-Bayt Indonesia (IJABI).

Tulisan ini bertujuan untuk menginvestigasi model moderasi beragama dari perspektif madhab Syiah. Proses identifikasi terhadap moderasi beragama dari perspektif Syiah ini mengacu pada definisi, ciri, dan indicator moderasi beragama sebagaimana dijelaskan oleh Kementrian Agama RI yang mencakup tiga pilar yaitu moderasi pemikiran keagamaan, bentuk gerakan, serta tradisi dan praktik keagamaan.

Dengan merujuk pada pemikiran dan praktik beragama yang dijalankan jamaah IJABI, tulisan ini berargumen bahwa praktik beragama pada jamaah IJABI seperti pemikiran keagamaan mendahulukan akhlaq dibanding fiqh, penggunaan istilah Ahl alBayt, gerakan keagamaan yang inklusif melalui keterlibatan dalam kegiatan lintas madhab, serta misi IJABI untuk mengakomodasi ummat Islam lintas madhab, dan pelaksanaan Asyura yang mengadaptasi budaya lokal, merupakan wujud dari dari moderasi beragama.

Baca selengkapnya tulisan tentang Mengatasi Intoleransi Beragama: Sebuah Tawaran Moderasi Beragama Perspektif Syiah oleh Dede Syarif yang dimuat pada Jurnal Sosiologi Agama Vol. 15, No. 2, Juli-Desember 2021:227-242

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Tren Hijrah Generasi Milenial Jadi Bahasan Jurnal Maarif Edisi Ke-40

27 Januari 2023 - 10:44 WIB

4 Isi Deklarasi Damai Umat Beragama

15 Januari 2023 - 14:17 WIB

Dahsyat! Jangan Anggap Enteng Medsos

6 Januari 2023 - 13:30 WIB

Perdana! Kemenag Gelar Perlombaan Barongsai Tradisional

2 Januari 2023 - 23:49 WIB

Seleksi 49.549 Formasi Calon PPPK Kemenag Dibuka, Ini Ketentuan Daftarnya

23 Desember 2022 - 13:10 WIB

Anda Penghulu dan Penyuluh Agama, Ayo Ikuti Pelatihan Online Menulis Karya Ilmiah. Ini Cara Daftarnya

15 Desember 2022 - 17:37 WIB

Trending di Agama