Menu

Mode Gelap

Umum · 13 Jun 2022 08:23 WIB

Asyik! KKN UIN Bandung 2022 Padukan Penelitian dan Pengabdian

Avatar badge-check

Editor


 Asyik! KKN UIN Bandung 2022 Padukan Penelitian dan Pengabdian Perbesar

SPI-BANDUNG

UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2022, setelah dua tahun dilaksanakan dari rumah (DR), kali ini enam jenis pelaksanaan KKN siap dilandingkan secara luring pada rentang waktu 25 Juli sampai 25 Agustus 2022.

“Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) telah berkoordinasi dengan Rektorat, Dekanat, serta Prodi, melalui workshop design KKN dan surat edaran Rektor No. B-918/Un.05/1.1/PP.00.9/04/2022, tentang Penyelenggaraan Kegiatan Akademik, Layanan Kemahasiswaan dan Layanan Administrasi di Lingkungan Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dipastikan KKN 2022 dilaksanakan secara luring dengan enam jenis KKN yang tentunya disesuaikan dengan situasi pemulihan dari pandemi ke endemi.” Ujar Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dr. H. Aep Kusnawan, M.Ag., di Bandung, melalui rilis yang diterima Sentra Publikasi Indonesia, Senin (13/06/2022).

Keenam jenis KKN ini ialah KKN Reguler Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS), KKN Temantik, KKN Terpadu, KKN Kolaboratif Mandiri, KKN Nusantara Cinta Papua, serta KKN Kolaborasi Luar Negeri Mandiri, yang telah disesuaikan dengan hasil refleksi dan pemetaan sosial dan diselaraskan dengan kompetensi peserta KKN 2022.

Adanya keenam jenis KKN ini memiliki tujuan yang sama yakni, diharapkan mahasiswa mampu melakukan pemberdayaan masyarakat ditengah endemi, dan mahasiswa dapat merasakan, menghayati, serta aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial khususnya dalam pemulihan dampak Covid-19 melalui pengabdian berbasis riset, sehingga mampu memadukan antara penelitian dan pengabdian.
Dr. H. Aep Kusnawan, M.Ag., mengungkapkan, pelaksanaan KKN ini selain didukung oleh semua jajaran dari rektorat, juga telah terkoneksi dengan berbagai lembaga terkait lainnya seperti Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), lembaga pemerintah setempat dan sektor lainnya yang nantinya akan menjadi pusat penelitian, pengembangan dan pengabdian pada masyarakat.

Adapun output dari KKN Sisdamas ini diharapkan dapat melahirkan sejumlah publikasi prosiding, jurnal, berita, serta video pelaksanan KKN Sisdamas dari berbagai daerah, sebagai bagian dari momentum pengabdian pada masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang direncanakan KKN Sisdamas ini akan dilaksanakan diberbagai kabupaten atau kota di Jawa Barat, seperti Garut, Lembang Bandung Barat, Sumedang, Pangalengan dan lain lain.

Pada hal ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat (LP2M) berharap jurnal-jurnal yang dibuat oleh para peserta KKN ini dapat dimuat dalam jurnal nasional yang nantinya akan dilombakan dan akan dibuatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sehingga mampu berdaya saing, selain itu tulisan yang memuat berita diharapkan mampu dipublikasikan diberbagai media yang kemudian menjadi branding pelaksanan KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dengan mengusung tema “KKN Membangun Desa”, Dr. H. Aep Kusnawan, M.Ag., berharap, agar implementasi adanya KKN ini para mahasiswa mampu berkontribusi ditengah masa transisi dari pandemi ke endemi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui Civitas Akademi turut serta dalam memberdayakan masyarakat setelah terhindar dari pandemi, diharapkan dengan adanya keterlibatan UIN Sunan Gunung Djati Bandung terjadi percepatan pemulihan dalam berbagai aspek, baik spiritual, mental, sosial, ekonomi, pendidikan, budaya, teknologi dan sebagainya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat diakses melalui: https://lp2m.uinsgd.ac.id/

 

Artikel ini telah dibaca 83 kali

Baca Lainnya

Innalillahi, Wakil Dekan I FTK UIN Bandung Meninggal Dunia

24 Januari 2023 - 09:42 WIB

Menag: Jangan Lakukan Koruptif

21 Januari 2023 - 11:03 WIB

Keren! Mahasiswa UIN Bandung Diajak Perkuat Jiwa Wirausaha Lewat Bonsai

9 Januari 2023 - 10:28 WIB

5 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa UIN Jakarta Tahun 2023

7 Januari 2023 - 08:34 WIB

Top! MAN 2 Kudus dan MAN Karangasem Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

5 Januari 2023 - 07:57 WIB

Top! Siti Rahmatillah, Mahasiswa UIN Malang Sabet Juara Lomba Esai Nasional

29 Desember 2022 - 09:40 WIB

Trending di Umum