Menu

Mode Gelap

Umum · 29 Okt 2022 12:23 WIB

Asyik! BRIN Dorong Kolaborasi Ekosistem Riset dan Inovasi

Avatar badge-check

Editor


 Asyik! BRIN Dorong Kolaborasi Ekosistem Riset dan Inovasi Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-JAKARTA

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengadakan Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2022 di Cibinong Science Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mulai Kamis (27/10/2022) sampai Minggu (30/10/2022).

Acara bertema “Digital, Blue, and Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi” itu menjadi ruang ekspresi serta apresiasi untuk para periset, inovator, dan inventor yang telah berkontribusi bagi masyarakat dan negara. Melalui tema tersebut, BRIN berupaya mendorong kolaborasi berbagai pihak dalam memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam (SDA).

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa InaRI Expo merupakan reinkarnasi dari kegiatan pameran yang sebelumnya telah dilakukan oleh beberapa lembaga pemerintahan nonkementerian (LPNK). “Sekarang, (InaRI Expo) diintegrasikan menjadi lebih besar dengan gaung yang lebih besar pula serta lebih menarik untuk publik,” ujar Handoko dilansir Kompas, Sabtu (29/10/2022).

Kegiatan tersebut, lanjut Handoko, menjadi bagian dari Presidensi Group of Twenty atau G20 Indonesia 2022. Untuk diketahui, BRIN berperan sebagai pengampu kegiatan Research and Innovation Initiative Gathering (RIIG) dan Space 20. Oleh karena itu, Handoko berharap InaRI Expo 2022 dapat menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia.

Gelaran ini juga diharapkan dapat menjadi katalis yang mampu mempromosikan sekaligus menginisiasi kerja sama dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional. “Melalui InaRI Expo 2022, BRIN juga mengajak seluruh periset dan inovator dari berbagai lembaga untuk berbagi kesuksesan yang menginspirasi para periset dan inovator generasi berikutnya,” tuturnya.

Lebih dari itu, lanjut Handoko, kegiatan tersebut juga diharapkan mampu mendorong periset Indonesia meraih prestasi yang lebih tinggi serta kreator di bidang teknologi untuk terus mengasah kemampuan untuk menghasilkan produk baru.

Ketua Pelaksana InaRI Expo 2022 Irwadhi Marzuki mengatakan bahwa sedikitnya, ada sekitar 239 peserta yang akan berpameran pada ajang tersebut. Di antaranya adalah perwakilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Kemudian, ada pula perwakilan negara G20, perusahaan swasta, perguruan tinggi, serta pelaku pendidikan tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Gelaran InaRI Expo 2022, lanjut Irwadhi, akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik, seperti seminar, business gathering, product presentation, workshop, talk show, business matching, dan klinik konsultasi. Selanjutnya ada, Youth Research and Innovation Fair (YISF), pertunjukan sains, Halal Tech Expo 2022, ASEAN India Start up Festival 2022, Start Up Program Pengusaha Pemula Berbasis Riset BRIN, serta Zona G20.

Irwadhi mengatakan bahwa pihaknya menyediakan moda transportasi bus untuk mengantar pengunjung menuju lokasi ekshibisi secara gratis. Hal ini guna memudahkan sekaligus mengakomodasi calon pengunjung untuk hadir ke InaRI Expo 2022. “Tim kami sudah berkoordinasi dan memastikan sejumlah titik pemberangkatan dan penjemputan bus bagi calon pengunjung untuk menghadiri InaRI Expo,” ujarnya.

Adapun, lokasi penjemputan bus tersebar di lima titik, yakni kawasan BRIN Jalan Gatot Subroto, Halte Universitas Indonesia, Gedung Kusnoto BRIN Bogor, dan Mall Cibinong City. Jadwal keberangkatan bus adalah pukul 08.00 WIB dan 11.00 WIB, sedangkan jadwal kembali pukul 14.00 WIB dan 17.00 WIB. Sementara, untuk titik penjemputan dari Kawasan Puspiptek BRIN Serpong, bus dijadwalkan berangkat pukul 08.00 WIB dan pukul 12.00 dengan jadwal kembali pukul 17.00 WIB.

Menurut Irwadhi, fasilitas transportasi tersebut penting untuk menunjang kesuksesan gelaran InaRI Expo 2022. Sebab, ketersediaan transportasi ini dapat memudahkan pengunjung menuju lokasi. “Ini bagian dari upaya kami untuk menyukseskan gelaran InaRI Expo 2022. Semoga semua bisa berjalan sesuai rencana,” ujar Irwadhi.

 

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Innalillahi, Wakil Dekan I FTK UIN Bandung Meninggal Dunia

24 Januari 2023 - 09:42 WIB

Menag: Jangan Lakukan Koruptif

21 Januari 2023 - 11:03 WIB

Keren! Mahasiswa UIN Bandung Diajak Perkuat Jiwa Wirausaha Lewat Bonsai

9 Januari 2023 - 10:28 WIB

5 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa UIN Jakarta Tahun 2023

7 Januari 2023 - 08:34 WIB

Top! MAN 2 Kudus dan MAN Karangasem Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

5 Januari 2023 - 07:57 WIB

Top! Siti Rahmatillah, Mahasiswa UIN Malang Sabet Juara Lomba Esai Nasional

29 Desember 2022 - 09:40 WIB

Trending di Umum