7 Tips Susun Jurnal Bereputasi Internasional Ala UNS

oleh

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-SEMARANG

Menulis artikel jurnal ilmiah bereputasi internasional, bukanlah hal yang mudah. Ada 7 tips yang perlu diperhatikan.
Dosen Jurusan Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Imam Shofwan menyebutkan, ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar dapat menyusun artikel jurnal bereputasi.

1. Update Informasi yang Perlu Disiapkan

“Informasi yang perlu disiapkan di antaranya tentang tata cara penulisan artikel yang baik, mencari jurnal tujuan, referensi, mencari referensi menggunakan Mendeley, translate article, grammarly/proofread, dan parafrase. Selain itu juga perlu mencari jurnal terindeks Scopus yang sesuai dengan abstrak artikel,” beber Imam, dikutip dari Universitas Negeri Semarang, Minggu (13/11/2022).

Scopus adalah salah satu database literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia.

2. Upgrade Diri

Terkait dengan apa yang harus dikuasai, yaitu tentang sistematika jurnal itu sendiri yang terdiri dari judul dan penulis, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, metode, hasil, diskusi, kesimpulan dan referensi.

3. Tambah Relasi dan Cari Partner atau Stakeholder

Tips terakhir adalah mencari partner. Perlu mencari siapa yang bertugas untuk mencari jurnal yang memiliki fokus dan cakupan yang sama dengan artikel yang akan ditulis.

Kemudian mencari partner yang diberikan tugas untuk proofreading. Selain itu juga mencari partner yang menjadi pengelola jurnal maupun yang menjadi reviewer jurnal bereputasi.

Sementara itu, ditambahkan Dosen Matematika dari Universitas Taman Siswa Yogyakarta, Dr Sri Adi Widodo, MPd, memberikan tips menaklukkan jurnal bereputasi. Berdasarkan pengalaman yang dimilikinya, Adi menambahkan tips ini:

4. Melakukan Self Assesment

Pertama melakukan self assesment terkait dengan artikel yang ditulis, yaitu kelayakan hasil riset dan kelayakan artikelnya.

5. Cek Jurnal

Jurnal perlu dicek kredibilitas. Apakah sudah banyak penulis Indonesia masuk ke jurnal tersebut.

6. Perhatikan Biaya

Cek biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat submit ke jurnal tersebut. Cari jurnal yang ramah di kantong.

7. Sesuaikan Template, Lakukan Translation, serta Proofread

“Submit artikel ke jurnal Scopus ini harus bersabar, karena waktu submit hingga publish itu setidaknya 6 bulan. Jika kurang dari 6 bulan patut dicurigai,” kata Adi.