7 Tips Membuat Materi Presentasi Online Conference Ala Shinta Amalina. H. Havidz

oleh

JAKARTA SENTRA PUBLIKASI INDONESIA — Shinta Amalina. H. Havidz, Dosen Binus memberikan tujuh cara membuat materi presentasi online conference.

Dilansir dari laman Binus, Udah nulis 5-10 halaman untuk conference paper, tapi bingung harus ngeringkasnya jadi power point atau materi presentasi dengan durasi 10-15 menit.

Pertama, Cover: dimana-mana pasti harus ada cover PPT nya, nama dan tanggal conference, judul paper, penulis papernya siapa aja.

Kedua, Agenda: nah ini juga penting buat kasih gambaran ke peserta conference, anda sebagai speaker mau bahas apa aja sih. Cukup tulis judul bab yang ada di paper. Di riset keuangan ataupun manajemen biasanya ada introduction/background of study, literature review, data and methodology, results and discussions, dan terakhir conclusions

Ketiga, Introduction dan literature review yang ada di paper jangan di copas ke PPT. Cukup bikin 2-3 poin singkat dan padat biar PPT nya ga keroyokan gitu dan enak dilihat

Keempat, Data harus nyebutin sample penelitian, penting banget sih itu. Tulis juga periode sample dan variables yang dipakai

Kelima, Methodology: methodology ini beda-beda tahapannya. Kalau ada methodology yang membutuhkan pre-test dan post-test maka jangan lupa dicantumkan di PPT. Jadi jangan tulis methodology utamanya aja ya.

Keenam, Results: cukup lampirkan table atau figure dari hasil. Jangan kasih tulisan. Ketika present, maka penulis harus bisa menjelaskan secara oral dan lancar terkait tabel ataupun figure tersebut.

Ketujuh, Discussions and conclusions: cukup tulis 2-3 poin yang harus di highlight untuk memperlihatkan keterbaharuan dan kontribusi penelitian.

Overall, jumlah slide cukup 10-12 halaman. Kurang juga gapapa. Yang repot kalo slide nya kebanyakan, fix deh bakal present lebih lama, kalau waktunya habis maka presenter akan di stop oleh panitia. Ga enak ga sih lagi asik-asiknya presentasi tapi di cut.