Menu

Mode Gelap

Tekno & Sains · 3 Jan 2023 13:00 WIB

6 Rekomendasi Situs Jurnal Internasional yang Sering Digunakan, Ini Daftarnya!

Avatar badge-check

Editor


 6 Rekomendasi Situs Jurnal Internasional yang Sering Digunakan, Ini Daftarnya! Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-JAKARTA

Jurnal Internasional seringkali dijadikan acuan mahasiswa yang ingin mendapatkan referensi atau tambahan materi. Biasanya, mereka melakukan itu saat mengerjakan skripsi. Dikutip dari laman Mainmain 6 Rekomendasi Situs Jurnal Internasional yang Sering Digunakan, Ini Daftarnya! inilah 6 jurnal sudah bisa diakses melalui situs-situs online tertentu lho, di antaranya berikut ini.

1. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Salah satu situs yang berisi banyak direktori jurnal dan artikel ilmiah yang bisa diakses secara terbuka alias open access. Situs ini sudah ada sejak 2003 lalu. Hingga saat ini, sudah tersedia 11.000 jurnal dari 127 negara. Enggak cuma itu, lebih dari 4 juta artikel pun telah tersimpan dalam situs ini.

2. Google Scholar

Siapa yang sering menggunakan situs ini? Yap! Satu-satunya situs jurnal Internasional milik perusahaan Google. Dalam situs ini tersedia ratusan jurnal ilmiah yang bisa diakses dengan beragam format.

Jurnal yang tersedia pun beragam, mulai dari jurnal Indonesia hingga jurnal Internasional. Ada juga berbagai jenis karya ilmiah. Mulai dari tesis, jurnal, dan e-book. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis melalui situs ini.

3. Microsoft Academic

Enggak cuma Google, Microsoft juga menyediakan referensi jurnal ilmiah dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam situs Microsoft Academic. Kamu bisa mengakses situs ini dan memasukkan kata kunci yang ingin kamu cari.

Ada juga fitur pencarian yang disesuaikan dengan perintahmu. Misalnya, kamu mencari jurnal berdasarkan penulis, kamu bisa klik “author” dan “date range” untuk mengerucutkan tahun terbit jurnal.

4. Academia.edu

Salah satu situs yang pasti digunakan pelajar dan mahasiswa saat mencari materi pembelajaran. Disini kamu bisa menemukan jurnal dari para dosen dan peneliti andal. Sebenarnya, situs ini umumnya dikenal dengan sebutan jejaring sosial para akademisi untuk berbagi hasil penelitian yang telah dilakukan. Untuk mengunduh jurnal dalam situs ini, kamu login dengan akun Facebook atau Google.

5. Cambridge Journal

Situs jurnal internasional yang satu ini menyediakan jurnal internasional. Sama seperti situs lainnya, cara mengunduh jurnalnya tinggal mengetikkan di mesin pencari jadi sangat mudah untuk kita mendapatkan jurnal yang diinginkan.

6. Oxford Journal

Kampus ternama yang pernah dijelajahi oleh Maudy Ayunda dan beberapa orang terkenal ini ternyata membuka akses gratis untuk mahasiswa yang ingin mencari jurnal internasional. Kamu bisa mencari jurnal apapun dari sini. Siapa tahu kan, kamu menemukan jurnal yang dibuat sang idola.

Nah, itu tadi beberapa situs yang menyediakan jurnal internasional untuk kebutuhan para pelajar dan mahasiswa saat mencari materi. Semoga membantu!

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Keren! MAN 1 Lahat Borong Juara di Ajang English Speech Tingkat Sumsel

31 Januari 2023 - 23:32 WIB

Reject Bighairi Hisab: Penolakan Pengusulan Akreditasi Tanpa Dinilai

26 Januari 2023 - 08:30 WIB

Eksperimen Mobil Elektrik bagi Anak Ala Planet Sains ITB

18 Januari 2023 - 23:42 WIB

UIN Bandung – Dandim 0624 Jalin Kerjasama Penelitian soal Teknologi Inovasi Ketahanan Pangan

17 Januari 2023 - 15:35 WIB

Padukan Sains dan Fantasi, 3 Film Fiksi Ilmiah Terbaik

24 Desember 2022 - 08:27 WIB

Dorong Perkembangan Industri Kerajaan, Kementerian Kebudayaan Arab Saudi Buka Penelitian Kopi

19 Desember 2022 - 23:59 WIB

Trending di Tekno & Sains